Enam Cara Mudah Atasi Burnout dan Kelelahan Tanpa Keluar Banyak Uang

Yunike Purnama - Sabtu, 23 September 2023 16:35
Enam Cara Mudah Atasi Burnout dan Kelelahan Tanpa Keluar Banyak UangBurnout adalah suatu kondisi di mana Anda mengalami stres kronis, lelah secara fisik, mental, dan emosional. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Burnout adalah suatu kondisi di mana Anda mengalami stres kronis, lelah secara fisik, mental, dan emosional. Saat Anda mengalami burnout, energi di tubuh Anda mungkin akan terasa rendah, terkuras, mudah lelah, tersinggung, atau bahkan kesulitan untuk berhubungan dengan orang lain.

Jika Anda mengalami kelelahan atau burnout, ada baiknya jika Anda segera mengetahui cara mengatasinya. Tidak perlu khawatir, burnout tetap bisa diatasi tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Kelelahan atau Burnout dengan Budget Terbatas

Cara mengatasi kelelahan atau burnout dengan budget terbatas

Tubuh, pikiran, dan emosi bisa melemah dan perlu diisi ulang. Oleh karena itu, penting untuk meluangkan waktu untuk mengisi ulang tenaga Anda dan mengatasi burnout karena hal tersebut akan berdampak baik pada kesejahteraan jangka panjang Anda secara keseluruhan. Berikut cara melakukannya.

1. Membuat Gratitude Journal

Jurnal rasa syukur atau gratitude journal adalah hal yang patut Anda buat sebagai cara terbaik untuk mengisi ulang jiwa Anda dengan sedikit atau bahkan tanpa biaya. Mulailah dengan membuat daftar setidaknya 10 hal yang Anda syukuri hari ini.

Coba catat apa saja yang membuat Anda tersenyum, tertawa, senang, dan ciptakan kenyamanan dan cinta dalam hidup Anda. Selain itu, Anda juga bisa menuliskan hal lainnya seperti pemikiran, daftar, rencana, dan kenangan Anda di buku catatan untuk membantu menghilangkannya dari pikiran Anda.

2. Istirahat dari Teknologi

Tidak dipungkiri, kemajuan teknologi membuat Anda semakin mudah terhubung dan memungkinkan Anda untuk bekerja dari jarak jauh. Tidak mengherankan jika sekarang sudah lumrah jika kita terhubung ke perangkat digital selama sebagian besar waktu kita terjaga. Namun, jika Anda ingin istirahat sejenak dan mengisi ulang tenaga Anda, Anda bisa mencoba mencabut kabel listrik setidaknya selama 15 menit per hari dan cobalah untuk terhubung dalam kegiatan fisik bersama dengan keluarga dan teman.

3. Tetap Terhubung dengan Teman dan Keluarga

Hubungan sosial adalah aspek penting untuk memulihkan diri. Anda bisa mencoba menghubungi teman dan keluarga Anda dan bertemu dengan mereka. Jika tidak bisa, Anda bisa sekadar menelepon atau mengirim pesan kepada mereka untuk mengobrol bersama.

4. Terlibat dalam Hobi atau Aktivitas Kreatif

Memiliki hobi atau aktivitas kreatif dapat membantu Anda mengisi ulang diri Anda. Anda bisa mencoba melukis, menggambar, menulis, memasak, atau apapun yang menarik minat Anda.

5. Olahraga

Olahraga baik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Selain itu, olahraga adalah cara yang bagus untuk memulihkan tenaga dan mampu melepaskan endorfin yang memiliki efek meningkatkan suasana hati, pikiran, dan jiwa Anda.

Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, Anda bisa mencoba olahraga sederhana di rumah atau jalan kaki dan bersepeda meski hanya 20 menit saja. Aktivitas fisik tersebut akan membuat Anda merasa berenergi selama berjam-jam kemudian.

6. Atur Keuangan

Meluangkan waktu untuk mengatur keuangan dapat menjadi pereda stres yang besar. Hal ini karena uang sering disebut sebagai salah satu sumber utama stres dalam kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, jika Anda bisa meluangkan waktu untuk mengatur anggaran, memotong pengeluaran yang tidak diperlukan, dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang situasi keuangan Anda, maka Anda akan merasa lebih baik.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS