Enam Hal yang Harus Anda Perhatikan Agar Panjang Umur dan Selalu Sehat

Yunike Purnama - Kamis, 24 Agustus 2023 09:40
Enam Hal yang Harus Anda Perhatikan Agar Panjang Umur dan Selalu SehatBanyak dari kita yang bercita-cita untuk memiliki umur panjang dan selalu sehat. Bagi Anda yang menginginkan hal serupa, tidak perlu khawatir karena faktanya umur panjang tidak sepenuhnya ada di luar kendali Anda. (sumber: Pexels)

BANDARLAMPUNG - Banyak dari kita yang bercita-cita untuk memiliki umur panjang dan selalu sehat. Bagi Anda yang menginginkan hal serupa, tidak perlu khawatir karena faktanya umur panjang tidak sepenuhnya ada di luar kendali Anda. 

Neuropsikologi dan psikolog kesehatan bersertifikat Diane Roberts Stoler Ed.D menyebut adal langkah-langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang hidup lebih lama. 

Langkah-langkah tersebut termasuk ke dalam dua faktor penting yaitu tidur yang berkualitas dan menjaga kesehatan mental. 

Strategi Membuat Tidur Berkualitas 

Kepada Psychology Today Stoler memaparkan strategi untuk membuat tidur berkualitas diantaranya adalah:

1. Mematuhi Jadwal Tidur yang Teratur 

Menjaga waktu tidur dan bangun secara konsisten dapat mengatur ritme sirkadian Anda untuk istirahat yang lebih baik. 

2. Rutinitas Santai Sebelum Tidur 

Bangun rutinitas santai yang bisa membuat Anda merasa relax sebelum tidur seperti membaca atau mandi untuk melepas lelah. 

3. Batasi Screentime Sebelum Tidur 

Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik dapat mengganggu produksi melatonin alami jadi usahakan untuk membatasi screentime sebelum tidur. 

4. Hindari Kafein, Alkohol, Makanan Berat dan Olahraga

Kafein, alkohol, makanan berat, dan olahraga menjelang waktu tidur bisa mengganggu tidur Anda. 

5. Buat Suasana Tidur yang Menenangkan 

Kamar tidur yang sejuk, gelap, dan tenang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Pastikan untuk memblokir kelebihan cahaya dan suara bising untuk mendapatkan tidur tanpa gangguan. 

6. Investasikan Kasur dan Bantal yang Nyaman 

Lingkungan tidur yang baik dan nyaman juga bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak. Pastikan untuk menggunakan kasur dan bantal yang nyaman karenanya. 

Lebih lanjut Stoler menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda berjuang dengan insomnia atau masalah tidur. Dokter mungkin akan menilai penyebab yang mendasari dan merekomendasikan solusi yang tepat. 

Menetapkan pola tidur yang sehat mungkin membutuhkan usaha yang keras dan konsisten bagi sebagian orang namun manfaat jangka panjang untuk umur panjang tentu sepadan dengan usaha  Anda. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS