Empat Fakta Menarik Sri Prakash Lohia, Bos Indorama Orang Terkaya ke-4 Indonesia

Yunike Purnama - Rabu, 12 Juli 2023 15:30
Empat Fakta Menarik Sri Prakash Lohia, Bos Indorama Orang Terkaya ke-4 IndonesiaSri Prakash Lohia founder PT Indo-Rama Syntetics (INDR).  (sumber: Forbes)

JAKARTA - Nama Sri Prakash Lohia dikenal sebagai founder PT Indo-Rama Syntetics (INDR).  Indorama ssendiri merupakan perusahaan raksasa di bidang petrokimia dan tekstil.

Melansir laman Forbes Rabu, 12 Juli 2023, Sri Prakash Lohia adalah orang terkaya ke-empat di Indonesia pada 2023. Berdasar data yang dihimpun TrenAsia.com, Ia  memiliki total kekayaan mencapai US$7,1 miliar atau setara Rp107,1 triliun (asumsi kurs Rp15.092 per dolar AS). 

Meski begitu, kekayaan Sri Prakash Lohia terpaut cukup banyak dari orang terkaya ke-tiga Indonesia, Luw Tuck Kwong. Menurut Forbers, total kekayaan bos batu bara ini mencapai  US$23 miliar atau setara Rp350 triliun.

Lebih lanjut, berikut sederet fakta menarik Sri Prakash Lohia:

1. Hijrah ke Indonesia

Sri Prakash Lohia lahir di Kolkata, India pada 23 Agustus 1953. Ia mempunyai latar belakang pendidikan di bidang Teknik Kimia dari University of Delhi dan gelar Master di bidang Administrasi Bisnis dari University of California, Los Angeles (UCLA).

Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, pada tahun 1973, Sri Prakash Lohia bersama ayahnya dari India pergi ke Indonesia.

Kurang lebih selama 3 tahun di Indonesia, pada tahun 1976 Sri Prakash Lohia mendirikan perusahaan benang pintal atau tekstil yang kelak menjadi Indorama.  

2. Pernah Alami Masa Sulit

Mengutip Quartz, Sri Prakash Lohia menuturkan 4 tahun pertama didirikannya Indorama sebagai masa sulit untuknya.  Pada awal perjalanannya, Indorama merupakan produsen benang pintal. 

Setelah melewati masa sulit,  Indorama melakukan diversifikasi, hingga akhirnya berkembang ke industri serat polyester. Kini Indorama telah berkembang dan bergerak dalam bidang pembangkit tenaga listrik petrokimia. 

Kini, Indorama mempunyai banyak lini bisnis andalan antara lain di bidang pupuk Urea dan Fosfat di Afrika Sub-Sahara, produsen poliolefin (kemasan makanan menyusut), dan pabrik sarung tangan sintetis terbesar ketiga di dunia. 

Teranyar, Indorama juga memperluas lini bisnisnya pada bidang energi dengan memproduksi pembangkit tenaga listrik petrokimia. 

3. Akulturasi India-Indonesia

Melansir laman resmi Indorama, nama perusahaan tersebut mengakulturasikan dua kebudayaan yakni Indo yang berarti Indonesia dan Rama  artinya Dewa dalam agama Hindu. 

Merintis dari bawah, Indorama kini berkembang menjadi salah satu raja perusahaan multisektor di Indonesia. Saat ini, Indorama menjadi tempat mencari nafkah dari 18.000 orang yang tersebar di 20 manufaktur di 8 negara. 

4. Punya Ipar Konglomerat di India 

Sebagai konglomerat berdarah India, Sri Prakash Lohia punya hubungan dengan konglomerat negara Bollywood. Pemilik 40 persen saham di klub bola asal Inggris Quens Park Rangers,  Lakshmi Mittal,  ternyata adalah saudara ipar Sri Prakash Lohia.

Mittal sendiri tercatat sebagai orang terkaya kelima di India dengan kekayaan mencapai US$17,1 miliar atau Rp260 triliun. Di Indonesia, Mittal diketahui memiliki pabrik baja yang terletak di Sidoarjo, Ispat Indo. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS