Efektif Mampu Manfaatkan Listrik, Garudafood Sabet Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023

Redaksi - Rabu, 06 September 2023 17:03
Efektif Mampu Manfaatkan Listrik, Garudafood Sabet Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 Emiten makanan dan minuman PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) menyabet penghargaan Environment, Social and Governance atau TrenAsia ESG Award 2023 untuk kategori consumer cyclical dengan predikat sustainability. (sumber: TrenAsia)

JAKARTA – Emiten makanan dan minuman PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) menyabet penghargaan Environment, Social and Governance atau TrenAsia ESG Award 2023 untuk kategori consumer cyclical dengan predikat sustainability.

Penghargaan itu diberikan oleh Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring (TMB) Sukirno kepada Head of Corporate Communication and External Relations Department Garudafood, Dian Astriana, pada Rabu 30 Agustus 2023 di Raffles Jakarta Hotel.

“Selamat untuk Garudafood yang meraih TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan fintech. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan contoh untuk perusahaan-perusahaan lain di Indonesia," ujar Inno sapaan akrab Sukirno sesaat setelah memberikan penghargaan kepada pemenang. 

Dian Astriana yang mewakili Garudafood mengapreasiasi ajang TrenAsia ESG Award 2023 yang mengusung tema "Responsible Investment for a Better Tomorrow" dengan tujuan sebagai ajakan investasi berkelanjutan Gen Z dan Millenials untuk masa depan yang lebih baik, serta meningkatkan kepedulian pelaku usaha untuk menerapkan bisnis yang bertanggung jawab berlandaskan prinsip keberlanjutan.

“Suatu kebanggaan dan merupakan persembahan di ulang tahun Garudafood ke-33 yang jatuh pada 31 Agustus, sekaligus momentum untuk memperkuat komitmen Garudafood untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan dalam proses bisnis secara end-to-end dengan memperhatikan aspek ESG untuk menciptakan bisnis berkelanjutan, bertanggung jawab, dan memberikan nilai tambah bagi stakeholders,” jelas Astriana dalam keterangannya.

Sementara itu Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 Mas Achmad Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.  Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” kata Daniri.

Komitmen ESG Garudafood

Sejak tahun 2017 hingga tahun 2020, penggunaan listrik Garudafood turun di setiap tahunnya, dari 336,46 Kwh/Ton turun menjadi 287,53 Kwh/Ton produksi. Efisiensi dilakukan dengan melakukan pergantian mesin-mesin lama dengan mesin baru yang lebih efisien. Tidak hanya itu, perusahaan menggabungkan penggunaan sumber energi dari listrik PLN dan gas engine.

Penggunaan gas (CNG) untuk mendukung proses produksi sejak 2017 sebesar 3,83 mmbtu/Ton juga mengalami penurunan yang cukup signifikan hingga 2019 menjadi 3,39 mmbtu/Ton. Sedangkan, pada semester 1 tahun 2020, penggunaan gas mengalami kenaikan cukup tinggi yang berkisar 3,78 mmbtu/Ton.

Kenaikan ini dipengaruhi oleh gas engine yang diaktifkan untuk pengganti listrik PLN agar penggunaan natural gas tidak terkena pinalti. Lantas, di masa pandemi Covid-19 yang menyerang, Garudafood mampu beradaptasi dan bertahan dengan cara terus berinovasi di seluruh lini produknya.

Garudafood mendukung pemerintah dalam pemenuhan hak dasar sesama manusia secara adil, hal ini berguna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Program Kampung Wirausaha, Kunjungan Pabrik, Sahabat Inspirasiku, serta Program Vokasi Lini dan Match SMK. Namun, terkait adanya pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 manajemen memutuskan untuk menghentikan sementara waktu kegiatan CSR yang mana memerlukan interaksi langsung.G

Dari penilaian ketiga aspek yaitu Environmental, Social, dan Governance--Garudafood unggul di aspek Social dengan skor 87, skor 83 untuk aspek Environmental, dan Governance memperoleh skor 80. Rerata skor keseluruhan berada di angka 83,33.

TrenAsia ESG Award 2023 

TrenAsia ESG Award 2023 merupakan komitmen TrenAsia.com di bawah naungan Tren Media Berjejaring yang merupakan media online dengan fokus terhadap pemberitaan pada berita ekonomi, bisnis dan investasi. Pagelaran ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen perusahaan di Indonesia dalam mengelola lini bisnisnya berbasis keberlanjutan.

TrenAsia ESG Award 2023 dinilai oleh tim dewan juri yang terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Berdasarkan hasil penjurian yang kurang lebih berlangsung dua bulan. Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 akhirnya memutuskan untuk menetapkan 58 perusahaan dan 4 CEO sebagai peraih penghargaan.(*)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS