Dukung Tatakarya Jadi Desa Tertib Listrik, YBM PLN Gelar Sosialisasi dan Baksos

Chairil Anwar - Rabu, 09 Maret 2022 19:52
Dukung Tatakarya Jadi Desa Tertib Listrik, YBM PLN Gelar Sosialisasi dan BaksosCamat Abung Surakarta Apriyadi menyerahkan secara simbolis santunan untuk guru mengaji. (sumber: DOK. PLN)

ABUNG SURAKARTA – Antusias yang tinggi tertampak pada raut wajah masyarakat di Desa Tatakarya, Kecamatan Abung Surakarta, Kabupaten Lampung Utara, dalam mengikuti kegiatan sosial yang diselenggarakan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UID Lampung pada Rabu, 9 Maret 2022. Guna meminimalisasi penyebaran Covid-19, kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan Yuliandra Syahrial Nurdin, mewakili General Manager PLN UID Lampung I Gede Agung Sindu Putra, menuturkan Tatakarya merupakan salah satu desa dari ribuan desa di Provinsi Lampung yang terpilih YBM PLN sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan sosial berupa santunan duafa, anak yatim, guru mengaji, dan marbot, serta pemeriksaan kesehatan untuk lansia gratis.

"Masyarakat Desa Tatakarya harus berbangga hati, karena desa mereka merupakan desa pilihan YBM PLN dalam pelaksanaan kegiatan sosial. Inilah bukti bahwa PLN hadir di tengah masyarakat bukan hanya tentang pengelolaan kelistrikan, tetapi PLN hadir untuk sosial kemasyarakatan," ujarnya.

Dia juga berharap diselenggarakannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat, khususnya di Desa Tatakarya dan keberkahan untuk keluarga besar PLN.

"Kami yakin dengan melihat antusias dan dukungan masyarakat di sini atas seluruh kegiatan PT PLN (Persero) dalam kegiatan pelayanan kelistrikan, menjadikan Desa Tatakarya ini sebagai desa percontohan yang tertib listrik bagi desa-desa yang lain, baik itu dalam tertib pembayaran tagihan listrik juga tertib dalam keselamatan kelistrikan," tukasnya.

Ketua YBM PLN UID Lampung Eki Putra menyebutkan kegiatan ini adalah bagian dari program sosial kemanusiaan dan kesehatan dari YBM PLN.

Dana YBM PLN merupakan zakat penghasilan dari pegawai PLN yang dipotong setiap bulan, sehingga, menurut Eki Putra, YBM melalui program kerjanya memiliki kewajiban untuk menyalurkan dana zakat yang terkumpul kepada masyarakat yang berhak.

"Alhamdulillah, hari ini telah terealisasi penyerahan santunan dari YBM PLN kepada 112 duafa, 30 anak yatim, 43 guru ngaji dan marbot masjid/musala, serta menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk 50 orang lansia, dengan total senilai Rp60 juta," ungkap Eki Putra.

"Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Desa Tatakarya agar kegiatan ini mendapat keberkahan bagi keluarga besar PLN dan seluruh masyarakat penerima manfaat," imbuhnya.

Sementara itu, Apriyadi selaku camat Abung Surakarta, Kabupaten Lampung Utara, mengapresiasi rangkaian kegiatan sosial yang diselenggarakan YBM PLN hari ini. Dia juga berharap kegiatan ini dapat berdampak positif bagi masyarakat terutama di wilayah kerjanya.

"Bantuan di saat pandemi ini sangat berarti sekali bagi para duafa, guru ngaji, marbot, dan anak yatim terutama di Kecamatan Abung Surakarta. Kami apresiasi yang luar biasa untuk PLN," ucapnya.

Apriyadi juga mengajak seluruh masyarakat di Kecamatan Abung Surakarta untuk senantiasa melakukan pembayaran rekening listrik di awal waktu, terlebih sudah hadirnya aplikasi PLN Mobile yang sangat memberikan kemudahan dalam setiap pelayanan PLN.

Selain itu, Tasrip M.Z, kepala Desa Tatakarya, mewakili masyarakatnya, berterima kasih atas kepedulian PLN pada desanya dan berharap program ini dapat berkesinambungan.

"Kami merasa bersyukur dan berterima kasih kepada PLN. Dalam hal ini, PLN telah peduli kepada desa kami. Semoga dapat menjadi amal ibadah kita semua," pungkas Tasrip M.Z.  (RIL)

 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS