Dukung Pengembangan UMKM Ambon, Jamkrindo Ajak Dinkop Maluku dan Mitme.id

mala - Senin, 21 Agustus 2023 18:01
Dukung Pengembangan UMKM Ambon, Jamkrindo Ajak Dinkop Maluku dan Mitme.idPelatihan UMKM Jamkrindo (sumber: Pelatihan UMKM Jamkrindo)

Ambon, 14 Agustus 2023 - PT Jamkrindo berkolaborasi dengan Dinas Koperasi Provinsi Maluku, dan Aplikasi Mitme.id menggelar pelatihan peningkatan kompetensi digitalisasi UMKM di Ambon kemarin.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari diikuti oleh 100 pelaku UMKM dari berbagai daerah di provinsi tersebut. Dalam kerja sama ini, Dinas Koperasi Maluku memberikan dukungan teknis bagi pelaku UMKM agar dapat mengimplementasikan solusi digital dengan baik.

Pimpinan Cabang PT Jamkrindo Maluku, Aditya Putra Darmawan mengatakan perseroan Jamkrindo mendukung program digitalisasi UMKM di Maluku karena program tersebut menjadi kunci utama dalam meningkatkan daya saing UMKM. 

Dengan pelatihan ini, pihaknya berharap UMKM di Maluku mengalami akselerasi signifikan dalam upaya transformasi digital. Salah satu bentuk dukungan Jamkrindo adalah dengan rutin mengadakan kegiatan pelatihan UMKM (Coaching Clinic)  untuk membantu mengedukasi pelaku usaha. 

“Biasanya kami juga melakukan pendekatan melalui kegiatan seperti kelompok-kelompok usaha, serta kelompok tani,” katanya.

Disampaikan Aditya, Jamkrindo dalam program-program UMKM biasanya melakukan edukasi terkait bagaimana cara mengelola keuangan, seperti pencatatan laporan penjualan sehingga UMKM mengetahui besar hasil penjualan.

“Terkadang kan UMKM itu sudah jual,  tapi mereka sendiri tidak tahu bagaimana cara menghitung post-production-nya,  harga pokoknya, dan berapa sih,  udah untung berapa sih.  Dan ini menjadi peluang UMKM mendapatkan fasilitas kemudahan akses untuk memperoleh bantuan permodalan,” katanya.

"Kami berharap dengan pelatihan dan kolaborasi ini, pelaku UMKM Maluku dapat lebih siap menghadapi tantangan global dan dapat berkembang menjadi UMKM yang tangguh dan mandiri," lanjutnya.

Tingkatkan Penggunaan Teknologi

Kepala UPTD Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Maluku, Mainake, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya. Menurutnya, UMKM perlu memahami pentingnya teknologi dalam menjangkau pelanggan yang lebih luas, dan membantu UMKM untuk memanfaatkan peluang digital yang ada. 

"Kami berharap dengan pelatihan ini, pelaku UMKM dapat lebih memahami dan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan, memperluas pasar, dan meningkatkan efisiensi usahanya," kata Mainake, Senin 14 Agustus 2023 di Hotel Everbright, Maluku.

Pada pelatihan ini, para peserta diberikan materi tentang dasar-dasar digital marketing, teknik copywriting dan Fotografi produk, serta financial literacy. UMKM juga diberikan kesempatan untuk praktik langsung menggunakan aplikasi Mitme.id, sebuah aplikasi yang dapat membantu memperluas pasar, dan penjualan secara digital.

Senior Strategic Communication Partner Penakita, pemilik platfom komunikasi Mitme.id, Yulianisa mengatakan melalui aplikasi tersebut pihaknya berkomitmen membantu UMKM Indonesia untuk berkembang. 

Salah satu langkah penting dalam digitalisasi UMKM menurutnya adalah penggunaan platform digital yang tepat. Aplikasi Mitme.id dapat menjadi mitra strategis dalam membantu UMKM Maluku menjangkau target audience dan pasar yang lebih luas di daerah lain di Indonesia.

Mitme.id merupakan platform komunikasi dan publikasi pertama di Indonesia yang dikhususkan untuk membantu pengembangan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kehadiran Mitme.id, kata Yulianisa, menjadi solusi atas UMKM yang selama ini memiliki keterbatasan akses dalam menjangkau media yang terpercaya dalam mensosialisasikan produk maupun kegiatan usaha kecil.

"Kami percaya bahwa teknologi digital dapat menjadi solusi bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan, memperluas pasar, dan meningkatkan efisiensi usahanya. Kami berharap dengan pelatihan ini, pelaku UMKM Maluku dapat lebih memahami dan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya," katanya.

Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Hampir seluruh peserta mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan dapat membantu mereka untuk meningkatkan usahanya.

Editor: Redaksi

RELATED NEWS