Dua Dosen FEB IIB Darmajaya Isi Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi di Lampung Barat

Yunike Purnama - Kamis, 25 Mei 2023 09:35
Dua Dosen FEB IIB Darmajaya Isi Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi di Lampung BaratDinas Koperasi, UMK, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lampung Barat mengundang Dosen FEB IIB Darmajaya menjadi narasumber dalam PK2UMK. (sumber: Ist)

LAMPUNG BARAT – Dinas Koperasi, UMK, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lampung Barat mengundang Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi narasumber dalam Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi, Peningkatan Kapasitas Koperasi & UMK (PK2UMK) pada 15 – 18 Mei 2023 di Hotel Sahabat Utama.

Adapun dua dosen tersebut Dr. Dra. Mieke Rahayu, M.M. dan Rieka Ramadhaniyah, S.E., M.Ec.Dev. Dalam pelatihan yang diikuti 30 peserta dari beberapa koperasi tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi, UMK, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lampung Barat Tri Umaryani, S.P., M.Si. dan Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Ikhtiwan.

Dalam sambutannya, Tri Umaryani mengatakan kegiatan ini juga agar koperasi di Lampung Barat mendapatkan wawasan pemahaman pengelolaan koperasi modern. Dengan hadirnya dua akademisi akan membagikan ilmunya kepada seluruh peserta. “Semoga kedepan koperasi di Lampung Barat semakin maju dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Dalam pelatihan tersebut Dr. Mieke Rahayu menyampaikan materi tentang Kepemimpinan dalam Pengelolaan Koperasi dan Sumber Daya Manusia Koperasi. “Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting dalam menunjang jalannya koperasi di era Industri 4.0 saat ini,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Masih kata dia, hasil pelatihan diharapkan dapat memberi kontribusi keilmuan koperasi dan memberikan inovasi dalam mindset pengelola koperasi. “Para pengelola akan merubah kebiasaannya yang selama ini belum digitalisasi menjadi serba digital,” ujarnya.

Kemudian, Rieka Rahmadhaniyah memaparkan mengenai Koperasi Modern dan Digitalisasi Koperasi. “Dengan perkembangan teknologi saat ini, koperasi berkembang dengan sentuhan digital dalam pengelolaannya. Pemanfaatan digitalisasi juga banyak memotong administrasi yang dilakukan secara manual,” ungkapnya.

Rieka mengatakan bahwa kegiatan ini juga bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai dosen yakni pengabdian masyarakat. “Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan membuat koperasi di Lampung Barat terus berkembang,” tutupnya. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS