Dinkes Bandar Lampung Imbau Warga Waspadai Flu Singapura

Eva Pardiana - Selasa, 07 Juni 2022 14:23
Dinkes Bandar Lampung Imbau Warga Waspadai Flu SingapuraPlt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung Desti Mega Putri. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung mengimbau warga untuk mewaspadai penularan flu singapura.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandar Lampung Desti Mega Putri menjelaskan flu singapura atau penyakit kaki, tangan, dan mulut adalah infeksi virus ringan dan menular yang umum terjadi pada anak kecil.

"Gejala yang ditimbulkan berupa demam, luka tenggorokan, merasa tidak enak, mudah marah, dan hilang nafsu makan," ujar Desti saat dihubungi Kabar Siger, Selasa, 7 Juni 2022

Penyebarannya virus ini sangat cepat. Penularannya bisa melalui kontak kulit, batuk atau bersin (melalui air liur atau droplet).

"Untuk itu kita imbau kepada masyarakat, termasuk anak-anak, agar selalu tetapkan Prokes menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun dan meningkatkan kebersihan diri berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) itu sangat penting dalam upaya pencegahan penyakit," ungkapnya.

Meski bukan kategori penyakit mematikan, dan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 10 hari disertai bantuan obat pereda nyeri, Dinkes Bandar Lampung meminta masyarakat lakukan penanganan tepat.

"Pengobatan yang tepat adalah segera datang ke pusat pelayanan kesehatan, bisa ke Puskesmas atau ke rumah sakit agar cepat mendapatkan pengobatan tepat dan dapat segera memutus mata rantai penularan," tandasnya. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS