PT RPN Gelar Pelatihan Teknik Pemetaan Lokasi Perkebunan Kelapa Sawit

Eva Pardiana - Sabtu, 15 Juni 2024 07:53
PT RPN Gelar Pelatihan Teknik Pemetaan Lokasi Perkebunan Kelapa SawitDidukung oleh BPDP KS dan Direktorat Jenderal Perkebunan, PT RPN Gelar Pelatihan Teknik Pemetaan Lokasi Perkebunan Kelapa Sawit (sumber: Dok. PT RPN)

BANDA ACEH – Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan keterampilan pekebun dalam hal pemetaan, BPDP KS dan Ditjenbun menyelenggarakan kegiatan pelatihan Teknik pemetaan Lokasi Perkebunan kelapa sawit. Kegiatan ini merupakan salah satu Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang dasar-dasar pemetaan, meningkatkan pengetahuan tentang peralatan pemetaan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam tracking lahan, pengolahan data, dan penyajian peta, dan meningkatkan keterampilan dalam pemetaan kebun.

Dalam menyampaikan materi tentang Teknik pemetaan Lokasi Perkebunan kelapa sawit, PT Riset Perkebunan Nusantara - PPKS ditunjuk oleh BPDP KS dan Ditjenbun untuk menyelenggarakan pelatihan tersebut dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat dan diselenggarakan di Banda Aceh Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pelatihan ini diikuti diselenggarakan selama 5 hari, dimulai sejak tanggal 27 hingga 31 Mei 2024.

Dalam rangkaian acara pembukaan kegiatan ini, perwakilan dari manajemen PT Riset Perkebunan Nusantara SEVP Operation I PT RPN, Dr. Tjahjono Herawan,  menyambut seluruh peserta pelatihan serta perwakilan dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Eva Lizarmi yang dalam hal ini mewakili Direktur Perlindungan Perkebunan, Muklis S.P, selaku Kabid Penyuluhan dan Pengembangan SDM Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, dan Mulyadi, M.Si. selaku Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Muklis S.P., selaku Kabid Penyuluhan dan Pengembangan SDM Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, dan disaksikan oleh, perwakilan dari Direktorat Jenderal Perkebunan Eva Lizarmi, manajemen PT Riset Perkebunan Nusantara, Dr. Tjahjono Herawan selaku SEVP Operation I PT  RPN, Bapak Muklis SP, selaku Kabid Penyuluhan dan Pengembangan SDM Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, dan Mulyadi, M.Si. selaku Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat.

Dr. Tjahjono Herawan selaku SEVP Operation I dari PT Riset Perkebunan Nusantara menambahkan, " PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) melalui Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) telah memainkan peran yang penting dalam mengembangkan sumber daya manusia di sektor perkebunan kelapa sawit. PPKS telah berdedikasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas para pekebun dalam sistem usaha ini".

Salah satu peserta pelatihan, Yusra menyampaikan kesannya terhadap penyelenggaraan pelatihan ini. “Saya sangat berterima kasih kepada BPDP KS dan Ditjenbun atas kesempatan mengikuti pelatihan ini. Materi yang disampaikan oleh tim dari PT RPN  sangat informatif dan relevan dengan kebutuhan kami sebagai pekebun dalam hal pemetaan. Metode pengajaran yang inovatif, sangat membantu kami memahami dan mengaplikasikan Teknik dalam melakukan pemetaan Perkebunan kelapa sawit,” ungkapnya. (*)

Editor: Eva Pardiana
Bagikan

RELATED NEWS