DAMRI Terapkan Peningkatan Layanan dengan Cashless

Yunike Purnama - Kamis, 15 April 2021 14:37
DAMRI Terapkan Peningkatan Layanan dengan CashlessDAMRI Cabang Lampung. (sumber: null)

Kabarsiger.com - Sebagai upaya memperkokoh perusahaan serta adaptasi dalam menyikapi pandemi Covid-19, DAMRI mendukung upaya Pemerintah untuk mengurangi penggunaan transaksi uang tunai. Hal tersebut seiring dengan era cashless society yang tidak terelakkan.

Masyarakat kian menyesuaikan diri dengan tantangan digitalisasi beragam lini kehidupan, termasuk dalam hal pembayaran tiket transportasi.

Tidak hanya dinilai lebih nyaman dan mudah, transaksi digital pun dipilih karena menawarkan keamanan, khususnya di era pandemi untuk meminimalisir penyebaran virus melalui penggunaan uang kertas yang memerlukan kontak langsung dengan individu lain.

Layanan cashless yang diterapkan DAMRI adalah dengan pembayaran tiket bus yang bisa melalui berbagai platform digital seperti DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, Traveloka, RedBus, GoPay, Mandiri, Visa, dan Mastercard serta gerai Indomaret di seluruh Indonesia. Khusus untuk pembayaran melalui LinkAja, pelanggan DAMRI mendapatkan paket promosi dengan cashback sebesar Rp20.000 yang berlaku hingga akhir April 2021, seperti rilis yang diterima, Kamis (15/04/2021).

Selain untuk memudahkan pelanggan, keuntungan lain dari sistem cashless ini adalah membuat setiap transaksi dapat tercatat dengan baik sehingga menekan risiko kekeliruan dalam sistem pembukuan. Juga dengan menggunakan pembayaran non tunai, pelanggan secara tidak langsung turut terlibat dalam meningkatkan pendapatan negara melalui pajak.

Dalam menjalankan aktivitas operasional, DAMRI selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti melakukan desinfeksi seluruh armada sebelum dan sesudah beroperasi. Penerapan physical distancing untuk pelanggan dan petugas, penyediaan sabun cuci tangan atau hand sanitizer, dan pengukuran suhu tubuh pelanggan (<37,3 derajat celcius).

Manajemen DAMRI terus mengampanyekan gerakan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak saat memasuki area Pool DAMRI atau armada bus kepada seluruh pelanggan maupun pegawai.

Seluruh protokol tersebut dilakukan untuk menjadikan bus DAMRI sebagai angkutan massal yang aman, nyaman, dan tetap bisa menjaga kesehatan para pelanggan dan pegawai dengan memberlakukan standar ketat dalam memberikan pelayanan terbaik yang mengutamakan prinsip 5K, yaitu Ketepatan, Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan.(*)

Tags Damri, cashlessBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS