Daftar BLT yang Cair Januari 2021: BST, Bansos Bumil dan Balita, Subsidi Gaji

Yunike Purnama - Rabu, 13 Januari 2021 17:00
Daftar BLT yang Cair Januari 2021: BST, Bansos Bumil dan Balita, Subsidi GajiIlustrasi BLT. (sumber: ist)

Kabarsiger.com - Sejumlah bantuan sosial atau bansos mulai disalurkan pemerintah untuk mengantisipasi dampak pandemi COVID-19. Apalagi saat ini diambil kebijakan pembatasan ketat untuk menekan penyebaran.

Adapun jaring pengaman sosial beberapa di antaranya merupakan program bantuan sosial yang sudah berjalan di 2020, seperti bantuan langsung tunai (BLT), subsidi gaji, hingga BLT UMKM.

Bansos Tunai Rp 300.000 per Bulan

Bansos tunai disiapkan untuk 10 juta keluarga penerima manfaat. Stimulus ini bakal dicairkan oleh PT Pos Indonesia.

Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal R. Djoemadi, mengatakan jumlah yang diterima per keluarga senilai Rp 300.000 per bulan. Bantuan diberikan selama empat bulan, yakni dari Januari sampai dengan April 2021.

"Kepercayaan ini tak terlepas dari keberhasilan kinerja penyaluran bansos tunai 2020 nasional sebesar 97,14 persen. Sedangkan bansos pemerintah provinsi dan kabupaten dengan kinerja penyaluran 96 persen," kata Faizal melalui keterangan tertulis, dikutip Kabarsiger, Rabu (6/1/2021).

BLT Subsidi Gaji Rp 600.000 per Bulan

Bantuan subsidi gaji juga akan mulai dicairkan bulan ini. Bantuan ini disalurkan tiap dua bulan sekali Rp 1,2 juta buat pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta.

Pekerja yang berhak menerima BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan adalah WNI, aktif di kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan hingga 30 Juni 2020, serta memiliki rekening aktif.


BLT UMKM Rp 2,4 Juta

Penyaluran BLT UMKM atau bantuan produktif usaha mikro (BPUM) juga dilanjutkan sampai Januari 2021. Program ini sebelumnya mulai berjalan sejak Agustus 2020.

Adapun nominal yang didapatkan adalah sebesar Rp 2,4 juta per pelaku usaha mikro.

Bank Rakyat Indonesia (BRI), selaku bank yang ditunjuk pemerintah dalam menyalurkan dana bantuan ini, telah melakukan pencairan dana kepada 7,8 juta penerima. Total sudah Rp 18,7 triliun yang dicairkan hingga akhir Desember 2020.

Ibu Hamil dan Balita Dapat BLT Rp 3 Juta

Adapun stimulus terbaru di tahun 2021 ini, bansos untuk ibu hamil hingga balita. Masing-masing bakal mendapatkan sebesar Rp 3 juta.

Program untuk ibu hamil dan balita diberikan lewat program keluarga harapan (PKH). Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 28,7 triliun untuk menyalurkan bantuan PKH.

Bantuan tersebut diberikan selama satu tahun dan disalurkan dalam empat tahap, yakni pada bulan Januari, Juli, dan Oktober. Penyaluran bantuan sosial tersebut dilakukan melalui Himpunan Bank Negara.(*)

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS