China Cari Sumber Modal Baru di Negara Timur Tengah

Yunike Purnama - Selasa, 10 Oktober 2023 17:41
China Cari Sumber Modal Baru di Negara Timur Tengah China mencari sumber modal baru di Timur Tengah dan pasar-pasar lainnya. Hal ini dapat mengubah aliran investasi menyusul ketegangan diplomatik dan risiko lainnya yang mendorong banyak investor AS keluar dari negara tersebut. (sumber: Reuters)

CHINA - China mencari sumber modal baru di Timur Tengah dan pasar-pasar lainnya. Hal ini dapat mengubah aliran investasi menyusul ketegangan diplomatik dan risiko lainnya yang mendorong banyak investor AS keluar dari negara tersebut.

Tujuh dana ekuitas China, termasuk dana lindung nilai dan reksa dana, yang mengelola lebih dari US$500 miliar aset gabungan, mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mengunjungi Timur Tengah tahun ini untuk mengumpulkan dana, tiga di antaranya untuk pertama kalinya.

Investor Timur Tengah juga berminat untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke China karena mereka dapat memperoleh manfaat dari penilaian yang lebih rendah dan efek dari stimulus pemerintah untuk mendukung pemulihan.

Mundurnya investor dan bisnis AS dari China karena berbagai risiko telah mendorong dana China untuk mencari peluang di tempat lain untuk mengurangi ketergantungan mereka pada investasi AS.

Pencarian modal baru ini bisa memengaruhi industri dana lindung nilai di Asia, di mana perusahaan-perusahaan China menyumbang lebih dari separuh pasar. Pialang dan perusahaan pendukung dapat mengubah fokus mereka untuk menyediakan layanan terkait Timur Tengah.

“Dahulu mungkin sumber modal yang paling diidamkan adalah Amerika Serikat,” kata Effie Vasilopoulos, co-Leader dari kelompok dana investasi Asia-Pasifik dari firma hukum Sidley Austin, dikutip dari Reuters, Selasa 10 Oktober 2023.

“Tetapi jika investor AS pergi, ada fokus nyata untuk menggantikannya dengan modal lain yang lebih aman dari ketegangan AS-China ini. Jadi dinamika tersebut mengarahkan banyak klien kami ke Timur Tengah.”

Manajer dari empat dari tujuh dana yang mengunjungi Timur Tengah berbicara dengan syarat anonim, karena mereka belum mendapatkan investasi baru. Namun, sambutan yang hangat membuat para manajer merasa ada pergeseran yang lebih dalam. 

“Sentimen (terhadap China) paling positif di antara investor Timur Tengah dibandingkan dengan kelompok investor lainnya,” kata Steven Luk, CEO FountainCap Research & Investment, salah satu dari tujuh dana yang mengunjungi Timur Tengah tahun ini.

“Beberapa dana kekayaan negara membebani China,” katanya. “Mereka berbicara lebih banyak tentang cara bermain China daripada ‘mengapa China.’” Manajer ekuitas jangka panjang, yang telah berinvestasi di China sejak tahun 2015, hampir menggandakan ukuran asetnya menjadi US$2,1 miliar sejak akhir tahun lalu, yang dikaitkan dengan aliran dana yang sebagian besar berasal dari Eropa tetapi juga dari Timur Tengah.

Sebagai langkah selanjutnya, perusahaan ingin membangun hubungan di Australia untuk pengumpulan modal. Banyak penasihat telah mengikuti untuk memperluas kehadiran mereka di Teluk, kata Erin Wu, kepala hubungan investor di OP Investment Management, sebuah platform dana lindung nilai yang berbasis di Hong Kong.

Politik-Investasi

Tidak jelas apakah konflik militer di Timur Tengah akan mempercepat pergerakan di antara investor di wilayah tersebut untuk mengalokasikan investasi di luar AS, tetapi pendapat mengenai apakah pasar China yang di bawah rata-rata menawarkan nilai telah terbagi selama berbulan-bulan.

Investor besar AS seperti Texas Teachers’ Pension dan California State Teachers’ Retirement System, misalnya, telah mengurangi paparan mereka terhadap saham China dalam setahun terakhir. Namun, dana negara di Timur Tengah telah menjadi pembeli besar.

Indeks Msci China turun 11% tahun ini, dibandingkan kenaikan 8% untuk saham dunia. “Ini adalah keputusan strategis yang bersifat investasi politik,” kata Wong Kok Hoi, CIO di APS Asset Management yang berbasis di Singapura. 

“Di satu sisi, China murah, dan di sisi lain, mereka percaya bahwa mereka perlu melakukan diversifikasi dari investasi yang terpusat di AS.” APS berhasil menarik modal baru dari investor Timur Tengah dan Afrika tahun ini.

Wong mengatakan mungkin terlalu dini untuk memprediksi bagaimana aliran dana akan terpengaruh dalam beberapa bulan mendatang akibat konflik di Timur Tengah, tetapi strategi jangka panjang investor Timur Tengah untuk meningkatkan paparan mereka terhadap aset non-dolar seharusnya tidak berubah banyak.

“Jika ada, kecepatannya bahkan dapat meningkat di lingkungan baru yang bergejolak ini karena negara-negara penghasil minyak, yang diuntungkan dari harga minyak yang lebih tinggi, akan memiliki lebih banyak pendapatan untuk diinvestasikan.”(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS