China Ambil Peluang Kembangkan Metaverse?

Yunike Purnama - Jumat, 26 November 2021 19:23
China Ambil Peluang Kembangkan Metaverse?Setelah Meta, beberapa perusahaan bersiap menuju metaverse, termasuk Tencent Chinatermasuk Tencent China. (sumber: Reuters)

 

PADA akhir Oktober 2021, Mark Zuckerberg resmi mengganti nama Facebook menjadi Meta. Dana investasi sebesar 50 juta dolar Amerika Serikat (AS) pun digelontorkan untuk mulai mengembangkan dunia virtual bernama metaverse ini.

Menurut Zuckerberg, keputusan ini bukan investasi yang menguntungkan da lam waktu dekat. "Tapi, kami pada dasarnya percaya bahwa metaverse akan menjadi penerus internet seluler," ujarnya, dikutip dari Reuters.

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah istilah yang diciptakan dalam novel fiksi ilmiah 1992 Snow Crash untuk menggabungkan awalan "meta", yang artinya menunjukkan atau menyarankan kesadaran eksplisit tentang dirinya sendiri, dan kata "verse" untuk menggambarkan alam semesta virtual yang diakses oleh teknologi Virtual Reality (VR).

Saat ini, memang tidak ada definisi tunggal yang komprehensif dan diterima secara luas tentang apa sebenarnya metaverse. Namun, ada pemahaman umum bahwa dunia baru ini, melibatkan pengalaman tiga dimensi internet sambil menggabungkan dimensi internet yang akan menggabungkan sekaligus mengaburkan batasan antara yang nyata dan virtual.

Film Ready Player One yang disutradarai Steven Spielberg adalah salah satu rujukan yang paling memberi gambaran tentang seperti apa metaverse apabila nanti benar-benar telah berada di tingkat adopsi massal.

Film yang diproduksi pada 2018 ini, menggambarkan bagaimana dunia virtual dan dunia nyata bisa saling terhubung. Kemudian, para pemainnya memiliki avatarnya masing-masing. Mereka pun bisa berpindah dengan leluasa ke dunia virtual lalu pulang lagi ke kehidupan nyata.

Blockchain melahirkan metaverse

Hadirnya pengembangan teknologi blockchain, yang kemudian melahirkan metaverse, merupakan peluang besar. Peluang ini bisa diambil baik bagi investor, konten kreator, maupun negara.

Seorang peneliti di Akademi Ilmu Sosial China, Zuo Pengfei berpendapat dalam artikelnya yang terbit pada September 2021, metaverse memberi China peluang besar dan efek revolusioner.

Dia menambahkan, negara harus mampu merebut peluang dalam persaingan global masa depan atas metaverse. "Termasuk dengan memastikan perusahaan teknologi swasta dan negara secara proaktif mengintai posisi strategis di industri metaverse," ujarnya.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan China News Network, Zuo, memperingatkan, metaverse juga memiliki gen monopoli yang melekat. Perlindungan harus dilakukan untuk menghindari dunia ini dimonopoli oleh beberapa kekuatan. Optimisme terhadap perkembangan metaverse di masa depan kini dicerminkan oleh besarnya sambutan pasar terhadap dunia yang satu ini.

Beberapa hari setelah Zuckerberg mengumumkan Facebook berganti nama, saham perusahaan yang terkait metaverse dari China, seperti pengembang gim ZQGame dan perusahaan solusi teknologi informasi (TI) Hubei Century Network Technology mengalami reli dramatis.

Raksasa media sosial Tencent, juga mengatakan perusahaannya memiliki kemampuan mengembangkan metaverse. Perusahaan gim video NetEase dan raksasa pencarian Baidu, juga langsung mendaftarkan merek dagang terkait metaverse.

South China Morning Post melaporkan tahun ini bahwa Tencent mendaftarkan banyak merek dagang terkait metaverse untuk situs sosialnya QQ. Tetapi perusahaan belum secara resmi mengumumkan rencana untuk memulai metaverse.

Tencent memiliki kemitraan strategis seperti dengan Epic Games dan platform game Roblox. Selain itu, kerajaan Tencent mencakup kantor virtual dan pembayaran seluler, sehingga akan memiliki audiens yang besar di berbagai industri.

Euforia berbagai pihak ini, kemudian mendapat tantangan dari media pemerintah China. Economic Daily menerbitkan sebuah komentar yang memperingatkan akan berbagai hal yang "tidak diinginkan" dari "spekulasi panas" dalam saham metaverse.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS