Chatbot AI Google Bard Mulai Kembangkan Pahami Video YouTube

Yunike Purnama - Minggu, 26 November 2023 08:00
Chatbot AI Google Bard Mulai Kembangkan Pahami Video YouTubeIlustrasi logo Google (sumber: Tobias SCHWARZ / AFP)

JAKARTA - Chatbot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Google, Bard, mulai belajar untuk mampu memahami sebuah video YouTube.

Pembaruan uji coba kemampuan baru ini diungkap oleh Google, dalam catatan teranyar mereka mengenai eksperimen Bard pada tanggal 21 November 2023.

Melalui notifikasi pembaruannya, dikutip Jumat (24/11/2023), Google menyebut bahwa mereka "mengambil langkah pertama dalam kemampuan Bard untuk memahami video YouTube."

Sebagai contoh, apabila pengguna mencari video YouTube tentang cara membuat kue minyak zaitun, dia akan dapat menanyakan berapa banyak telur yang dibutuhkan dalam resep di video pertama.

"Kami mendengar Anda menginginkan interaksi yang lebih mendalam dengan video YouTube," kata Google

"Jadi kami memperluas YouTube Extension untuk memahami beberapa konten video sehingga Anda dapat melakukan percakapan yang lebih kaya dengan Bard tentang hal tersebut," kata mereka.

Bard mengenai video dari channel Gordon Ramsay di Youtube, yang berjudul "Gordon Ramsay Turns Rendang Into an Omelette in Indonesia | Scrambled."

Di sini, Bard akan bisa merespon prompt yang berisi salinan URL video, serta perintah tertentu, di mana di percobaan ini, saya memintanya memberitahu resep dari video tersebut. Hasilnya, Bard akan memberikan resep untuk omelet bumbu Rendang ala Indonesia.

Selain itu, pengguna juga akan bisa meminta rangkuman singkat dari sebuah video YouTube seperti podcast, atau konten-konten lainnya.

Meski begitu, kemampuan Chatbot AI Goog ini tampaknya memang masih dalam tahap uji coba, sehingga masih ditemukan sejumlah keterbatasan.(*)

Editor: Redaksi
Tags chatbot AI google Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS