Cara Menghemat Paket Internet di Smartphone Android

Yunike Purnama - Minggu, 09 Juli 2023 17:51
Cara Menghemat Paket Internet di Smartphone AndroidIlustrasi penggunaan smartphone android (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Pernah anda di saat genting paket internet anda habis tanpa kita sadari, tentunya sangat itu menjengkelkan.

Paket data internet sekarang sudah jadi kebutuhan, karena kita hidup di jaman yang serba terhubung, dimana dunia sekarang eranya internet.

Lalu, bagaimana untuk menjaga agar tagihan Anda tidak terlalu banyak akibat penggunaan internet ini? Solusinya adalah dengan mengatur penggunaan paket internet dengan lebih bijak.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan, terutama bagi Anda pengguna smartphone android.

Cara Menghemat Penggunaan Paket Internet di smartphone android:

1. Sambungkan ke Jaringan Wi-Fi

Cara termudah untuk menghemat paket internet di perangkat Android adalah dengan menyambungkan ke jaringan Wi-Fi sesering mungkin untuk menghindari penggunaan internet yang tidak perlu. 

2. Gunakan Aplikasi Streaming Secukupnya

Jika aplikasi yang Anda gunakan di perangkat Android berhubungan dengan streaming video, musik, atau mengirim foto dalam ukuran yang besar, aplikasi tersebut akan menghabiskan paket internet Anda. 

Sebaiknya, gunakan aplikasi-aplikasi tersebut di komputer atau laptop daripda perangkat Android, atau batasi penggunaannya saat perangkat Android Anda terhubung dengan koneksi Wi-Fi yang aman.

3. Batasi Penggunaan Internet untuk Aplikasi Tertentu

Membatasi penggunaan data untuk aplikasi tertentu juga dapat membantu Anda menghemat paket internet dalam jangka panjang. Cara ini melibatkan penonaktifan fitur yang memungkinkan aplikasi menggunakan paket internet saat sedang berjalan di latar belakang ponsel Anda, bahkan jika Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut.

4. Tetapkan Batas Data untuk Perangkat Android Anda

Dengan menetapkan batas jumlah data yang digunakan perangkat Android, Anda akan akan jadi lebih hemat paket internet, Anda bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut.

Pertama, buka aplikasi Settings pada perangkat Android, lalu tap pilihan ‘Connections’, kemudian tap ‘Data usage’ dan ‘Mobile data usage’. Setelah itu, ketuk ikon berbentuk roda gigi di pojok kanan atas layar.

Kemudian, Anda bisa mengatur peringatan data sehingga Anda tahu kapan Anda kehabisan paket internet atau menyetel batas penuh penggunaan data seluler sehingga perangkat Anda akan berhenti menggunakan internet setelah titik tertentu.

5. Aktifkan Mode Penghemat Data

Ketika semua cara di atas gagal, Anda bisa memanfaatkan mode penghemat data internet. Dengan mengaktifkan mode ini, maka akan sepenuhnya menghentikan semua penggunaan data Android dengan melarang semua aplikasi menjalankan fungsinya di latar belakang.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS