Cara Blokir Iklan Mengganggu Sering Muncul di Ponsel Android

Yunike Purnama - Rabu, 01 November 2023 17:08
Cara Blokir Iklan Mengganggu Sering Muncul di Ponsel Android Di era digital seperti saat ini, browsing di internet menjadi salah satu kebiasaan yang kerap kita lakukan sehari-hari. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Di era digital seperti saat ini, browsing di internet menjadi salah satu kebiasaan yang kerap kita lakukan sehari-hari. Akan tetapi, seperti dua sisi mata uang, selain memudahkan kita memperoleh informasi, internet juga bisa memunculkan gangguan, salah satunya yang dihadapi pengguna perangkat Android adalah iklan yang invasif dan mengganggu saat sedang berselancar di browser.

Meski saat ini sudah banyak tersedia alat pemblokir iklan atau ad blocker sebagai solusi mengatasi iklan, tidak semua browser mengizinkan adblocker ini sehingga pengalaman saat menjelajah internet jadi tidak menyenangkan. Iklan tersebut akan mengganggu proses penjelajahan Anda di internet, memperlambat website memuat halamannya, dan bahkan dapat menimbulkan masalah privasi.

Tidak hanya itu, iklan-iklan tersebut muncul pada saat yang paling tidak menyenangkan, sehingga membuat pengalaman di internet jadi menyebalkan. Meski layanan pemblokir iklan menawarkan cara untuk mengatasi gangguan ini, beberapa pengguna ternyata masih mengalami kendala saat mencoba menerapkannya, terutama pada perangkat seluler.

Cara Memblokir Iklan Mengganggu di Smartphone Android

Cara memblokir iklan mengganggu di ponsel Android

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk memblokir iklan yang mengganggu di ponsel Android Anda. Salah satu cara paling efektif adalah dengan menginstal aplikasi pemblokir iklan atau ad blocker.

Aplikasi ad blocker bekerja dengan cara memfilter atau menyaring iklan dari situs web dan aplikasi. Ada sejumlah aplikasi ad blocker berbeda yang tersedia, baik gratis maupun berbayar.

Untuk memasang aplikasi pemblokir iklan, Anda cukup mengunjungi Google Play Store dan cari ad blocker. Setelah Anda menemukan aplikasi ad blocker atau pemblokir iklan tersebut, segera ketuk tombol ‘Instal’ yang telah tersedia di layar.

Setelah aplikasi pemblokir iklan pilihan Anda telah dipasang atau diinstal di ponsel, Anda harus segera mengaktifkannya. Untuk melakukannya, Anda tinggal membuka aplikasi ad blocker tersebut lalu ikuti petunjuk yang muncul di layar.

Sebagian besar aplikasi ad blocker akan meminta Anda memberikan mereka izin untuk mengakses lalu lintas internet Anda. Jangan khawatir, hal ini memang diperlukan agar aplikasi ad blocker bisa memblokir iklan.

Setelah Anda mengaktifkan aplikasi ad blocker, aplikasi tersebut akan mulai memblokir iklan yang muncul dari situs web dan aplikasi. Anda mungkin perlu melakukan restart pada ponsel Android Anda agar perubahan yang telah Anda lakukan di ponsel segera bisa diterapkan.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS