Cara 4 Tips Menyimpan Roti Agar Lebih Tahan Lama

Yunike Purnama - Minggu, 05 Februari 2023 06:18
Cara 4 Tips Menyimpan Roti Agar Lebih Tahan LamaRoti bisa lebih awet apabila disimpan di tempat yang pas seperti lingkungan yang kedap udara. (sumber: Pexels)

BANDAR LAMPUNG - Roti menjadi salah satu makanan yang digandrungi masyarakat di penjuru dunia. Untuk yang enggan membuka hari dengan makanan berat, roti pun bisa menjadi solusi sarapan. Setangkup roti plus selai atau telur mata sapi sudah membuat perut kenyang di pagi hari.

Namun roti juga memiliki kekurangan yakni tak tahan lama. Roti biasanya hanya bisa bertahan sekitar tiga hari dalam suhu ruangan. Lebih dari itu, roti akan berjamur. Namun ternyata ada cara memperpanjang usia roti yang mudah lho.

Dilansir dari Insider, roti bisa lebih awet apabila disimpan di tempat yang pas seperti lingkungan yang kedap udara. Berikut ini sejumlah tips menyimpan roti agar lebih tahan lama:

Pakai Kotak Roti

Menyimpan roti dalam kotak khusus bakal membuat roti lebih tahan lama. Ini karena kotak roti hanya punya lubang kecil sehingga membuat udara sedikit bersirkulasi. Dengan demikian roti tidak akan mudah berjamur.

Simpan di Lemari Es

Menyimpan roti di lemari es adalah cara mudah untuk memperpanjang usia roti. Suhu yang konstan di lemari es dapat menjaga keawetan roti. Namun jangan simpan roti terlalu lama di lemari es. Hal itu bisa membuat roti menjadi keras dan kurang nikmat.

Bungkus Dalam Kertas

Tak banyak yang tahu bahwa menyimpan roti dalam kantung kertas dapat membuat umur roti lebih panjang ketimbang plastik. Meskipun praktis dan banyak ditemui, plastik ternyata mudah mendorong pertumbuhan jamur sehingga membuat roti cepat basi.

Bekukan Roti

Membekukan roti diklaim menjadi cara terbaik untuk membuat makanan ini bisa lebih awet. Caranya mudah, Anda tinggal membungkus rapat roti dan masukkan ke dalam freezer. Anda cukup mencairkan roti beku di laci lain dalam kulkas semalaman jika ingin memakannya. Ingat, jangan cairkan roti di luar lemari es karena akan membuat roti menjadi lembek.

Itu dia sejumlah tips menyimpan roti agar lebih tahan lama. Dengan penyimpanan yang tepat, usia roti Anda bakal lebih panjang. Anda pun bisa lebih menghemat pengeluaran.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS