Cadangan Devisa China Turun Rp136 Triliun, Ternyata Ini Pemicunya

Yunike Purnama - Senin, 12 Februari 2024 05:44
Cadangan Devisa China Turun Rp136 Triliun, Ternyata Ini Pemicunya (sumber: null)

CHINA - Pada akhir Januari 2024, data yang dirilis oleh State Administration of Foreign Exchange (SAFE) mengungkapkan bahwa cadangan devisa China merosot menjadi US$3,2193 triliun atau sekitar Rp50.349 triliun (kurs Rp15.636). Penurunan terjadi sebesar US$8,7 miliar atau sekitar Rp136 triliun atau sebesar 0,58% dibandingkan dengan Desember 2023.

Faktor yang menyebabkan penurunan ini, menurut pernyataan SAFE, antara lain adalah penguatan indeks dolar AS dan fluktuasi harga aset keuangan global. 

Meskipun China menunjukkan tanda-tanda stabilitas ekonomi dengan produksi yang relatif stabil dan peningkatan konsumsi selama liburan, penurunan cadangan devisa telah menimbulkan kekhawatiran di pasar global.

Dilansir Xinhua, Kamis, 8 Februari 2024, Kepala ekonom China Minsheng Bank, Wen Bin, mengungkap, walaupun terjadi penurunan, perekonomian China secara umum tetap stabil. 

Namun, analis pasar mengamati bahwa penurunan cadangan devisa dapat mempengaruhi sentimen investor terhadap yuan China dan menimbulkan kekhawatiran tentang stabilitas ekonomi negara itu.

Penurunan cadangan devisa China juga menyoroti pentingnya upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas keuangan negara dan menghadapi tantangan ekonomi global yang semakin kompleks. 

Diperlukan langkah-langkah yang hati-hati dan kebijakan yang tepat untuk menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan China di masa yang akan datang.

Dalam konteks ini, pasar akan terus memperhatikan perkembangan lebih lanjut terkait cadangan devisa China serta tanggapan pemerintah dalam mengatasi tantangan ekonomi yang mungkin muncul. 

Hal tersebut menegaskan perlunya kewaspadaan dan kebijaksanaan dalam menghadapi dinamika pasar global yang terus berubah.

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS