Buka Lowongan 12 Pramugari, Kereta Cepat Whoosh Diserbu 6.000 Pelamar

Yunike Purnama - Jumat, 29 September 2023 12:39
Buka Lowongan 12 Pramugari, Kereta Cepat Whoosh Diserbu 6.000 PelamarPT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melakukan rekrutmen untuk posisi sebagai pramugari di Kereta Cepat Whoosh. (sumber: Ist)

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melakukan rekrutmen untuk posisi sebagai pramugari di Kereta Cepat Whoosh. Meski hanya membuka 12 lowongan, hampir 6.000 orang melamar pada posisi tersebut. 

Terdapat lima tahapan tes yang harus dilalui oleh para pencari kerja. Tahapan tersebut meliputi seleksi administrasi, wawancara, tes psikologis, penawaran dan penandatanganan kontrak. KCIC tidak memungut biaya dalam serangkaian tes seleksi, dikutip dari laman resmi KCIC, Jumat 29 September 2023.

Syarat yang dicari dalam rekrutmen pramugari oleh KCIC yaitu diutamakan bagi mereka yang berpendidikan pramugari dan belum menikah. PT KCIC juga mencari pramugari yang pengalaman kerjanya minimal dua tahun di bidang pelayanan dan menguasai Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan.

Terdapat pula batas usia minimal dan maksimal yang harus dipenuhi yaitu wanita berusia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun bagi perempuan. Adapun untuk laki-laki, dicari minimal berusia 18 tahun dan maksimal 30 tahun. 

Postur tubuh yang disyaratkan yaitu tinggi minimal 170 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan. Mereka juga tidak diperbolehkan bertindik ataupun bertato serta terlibat dalam tindakan kejahatan.

Syarat Bahasa Mandarin

KCIC juga memberikan persyaratan yang perlu dipenuhi para pelamar yaitu penguasaan Bahasa Mandarin. Terkait persyaratan tersebut, GM Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunissa membeberkan alasannya. 

Menurut Eva, syarat penguasaan Bahasa Mandarin diperlukan untuk menunjang komunikasi. “Saat ini masih terdapat tenaga ahli dari China sehingga untuk melakukan proses transfer teknologi terkait pengoperasian kereta cepat. Maka diperlukan penguasaan bahasa tersebut,” ujarnya. 

Meski demikian KCIC akan tetap menyediakan program pelatihan bahasa Mandarin untuk berkomunikasi.

Segera Beroperasi

Rekrutmen pramugari tersebut seiring hendak beroperasinya kereta cepat secara komersial. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan soft launching pada 1 Oktober 2023 yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden mungkin akan lakukan soft launching 1 Oktober 2023,” ujar Luhut setelah rapat terbatas Integrasi Moda Transportasi Publik di Istana Merdeka, Jakarta pada 27 September 2023 seperti dilansir Antara.

Nantinya setelah diresmikan, kereta cepat yang memiliki nama resmi “Whoosh” tersebut dapat langsung digunakan oleh masyarakat. Whoosh sendiri adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Nama tersebut telah secara resmi diumumkan pada 21 September 2023 lalu.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS