BRI Helat BRI Write Fest 2023 Bagi Jurnalis dan Blogger, Ada Hadiah Beasiswa S2!

Yunike Purnama - Kamis, 16 November 2023 18:54
BRI Helat BRI Write Fest 2023 Bagi Jurnalis dan Blogger, Ada Hadiah Beasiswa S2!PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyelenggarakan BRI Write Fest 2023, sebuah kompetisi menulis yang ditujukan untuk para jurnalis dan blogger di seluruh Indonesia. Periode pengumpulan karya masih terbuka hingga 9 Desember 2023. (sumber: Panji Asmoro/TrenAsia)

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyelenggarakan BRI Write Fest 2023, sebuah kompetisi menulis yang ditujukan untuk para jurnalis dan blogger di seluruh Indonesia. Periode pengumpulan karya masih terbuka hingga 9 Desember 2023. 

Melansir siaran pers BRI yang dipublikasikan pada Senin, 13 November 2023, BRI Write Fest 2023 adalah bagian dari serangkaian kegiatan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-128 BRI. Kompetisi ini menawarkan total hadiah senilai ratusan juta rupiah dan peluang mendapatkan beasiswa sebagai bagian dari program Fellowship Journalism.

Direktur Human Capital BRI Agus Winardono mengatakan bahwa BRI selaku Perusahaan yang telah lama bekerja sama dengan media selalu berupaya memberi apresiasi dalam bentuk peningkatan kualitas jurnalis Indonesia.

“Dengan penyelenggaraan BRI Fellowship Journalism 2024 ini, semoga dapat menjadi ruang pengembangan kompetensi bagi insan media dalam memberi makna Indonesia,” ucap Agus dikutip, pada Selasa, 14 November 2023. 

Kategori Peserta

Terdapat lima kategori peserta dalam kompetisi ini, meliputi jurnalis dari televisi, cetak, online, radio, dan blogger kreatif. Setiap penulis diizinkan mengirimkan sebanyak mungkin karya, dengan tetap mematuhi persyaratan yang telah ditetapkan

Pertama jurnalis yang aktif dalam dunia media, baik itu di platform online maupun cetak, diundang untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini dengan mengirimkan karya tulis terbaru yang telah dipublikasikan, dengan panjang minimal 250 kata.

Sementara itu, jurnalis televisi diizinkan mengajukan karya dalam bentuk video dengan durasi 2-3 menit, memberikan ruang kreatif untuk menyampaikan informasi secara visual. Lalu, jurnalis radio juga diundang untuk berkontribusi melalui karya tulis yang akan disiarkan, dengan durasi optimal 4-5 menit.

Para peserta blogger diwajibkan untuk mengirimkan karya tulis yang telah dipublikasikan, dengan panjang minimal 600 kata, melalui platform blog pribadi masing-masing. Karya tulis tersebut diharapkan tidak hanya berupa teks, namun juga memasukkan data, statistik, foto, infografik, dan video. Ini bertujuan untuk memberikan dimensi yang lebih kaya dan komprehensif pada tulisan blog.

Tema Besar Tulisan

Asal tahu saja, tema besar kompetisi ini adalah 'Memberi Makna Indonesia', dan peserta memiliki pilihan untuk mengeksplorasi salah satu dari lima sub tema yang telah ditentukan, diantaranya sebagai berikut. 

1. Layanan dan Digitalisasi BRI untuk Masyarakat

BRI terus meningkatkan layanan dan melakukan transformasi digitalisasi untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia

2. 128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat

Sejak tahun 1895, BRI terus melayani dengan setulus hati memberikan pemberdayaan kepada UMKM untuk terus tumbuh menjadi hebat dan kuat

3. BRI Sebagai ESG Initiative di Indonesia

BRI sebagai `bank yang berkomitmen dalam melaksanakan ESG di Indonesia terus memberikan inisiatif seperti green financing, pemberdayaan masyarakat, BRI Menanam dan lain sebagainya.

4. BRI Memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM Indonesia

BRI menjadi induk bagi ekosistem bisnis ultra mikro bersama Pegadaian dan PNM terus melakukan pemberdayaan kepada segmen ultra mikro dan UMKM di Indonesia, dengan lebih dari 35 juta nasabah yang sebelumnya unbankable menjadi berkembang

5. Leadership & Transformation BRI

BRI terus melakukan transformasi khususnya pada culture dan digital untuk menjadi bank yang memimpin dengan laba terbesar di Indonesia.

Hadiah dan Beasiswa

BRI Write Fest 2023 kembali menyajikan total hadiah senilai Rp 270 juta, dengan rincian masing-masing kategori memperoleh Rp 25 juta (juara 1), Rp 10 juta (juara 2), Rp 5 juta (juara 3), dan Rp 2 juta (juara harapan).

Tidak hanya itu, para peserta yang beruntung dari kategori jurnalis dan blogger berkesempatan meraih hadiah tambahan sebesar Rp 1 juta, asalkan telah mengirimkan lebih dari 5 karya. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui website resmi www.bri.co.id/briwritefest.

BRI Write Fest 2023 tidak hanya menjadi arena kompetisi yang menarik, tetapi juga menjadi pintu gerbang bagi jurnalis untuk mengikuti BRI Fellowship Journalism 2024, yang periode pendaftarannya sama (17 Oktober hingga 9 Desember 2023). Program tahunan BRI ini memberikan peluang kepada peserta BRI Write Fest untuk mengejar pendidikan tingkat lanjut hingga tingkat S2.

Adapun syarat-syarat yang berlaku dalam program BRI Fellowship Journalism melibatkan peserta yang merupakan jurnalis aktif di perusahaan media yang telah diverifikasi oleh Dewan Pers dan minimal memiliki sertifikat kompetensi sebagai wartawan muda. Selain itu, batasan usia peserta adalah maksimal 45 tahun pada akhir tahun 2023. Semua persyaratan pendaftaran dapat diunggah melalui laman resmi https://bri.co.id/fellowshipjournalism

Keseluruhan kompetisi dan program BRI ini membuka peluang luas bagi para peminat jurnalistik untuk meningkatkan kemampuan, mendapatkan pengakuan, serta meraih hadiah menarik.

BRI Fellowship Journalism memberikan kesempatan tambahan untuk mengejar pendidikan lebih tinggi di bidang jurnalisme. Kesempatan ini adalah momen berharga bagi para pendaftar BRI Write Fest 2023 untuk mengembangkan potensi dan mencapai prestasi lebih tinggi dalam dunia jurnalistik.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS