Bolehkah Isi Daya iPhone 15 dengan Kabel USB C Ponsel Android?

Yunike Purnama - Selasa, 26 September 2023 15:41
Bolehkah Isi Daya iPhone 15 dengan Kabel USB C Ponsel Android?Ilustrasi iPhone (sumber: Apple)

BANDARLAMPUNG - Baru-baru ini Apple mengumumkan berbagai produk barunya termasuk iPhone 15 pada 12 September lalu. Di antara banyaknya perubahan dan inovasi yang dilakukan oleh Apple, salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah dengan adanya port USB-C sebagai konektor universal pada perangkat iPhone 15.

Langkah yang dilakukan oleh Apple terhadap perangkat iPhone 15 ini dipandang sebagai langkah maju dalam hal kompatibilitas dan kenyamanan, tapi juga menimbulkan berbagai pertanyaan dan memicu perdebatan mengenai implikasinya.

Apakah Boleh Isi Daya iPhone 15 Menggunakan Kabel USB-C Ponsel Android?

Apakah boleh isi daya iPhone 15 menggunakan kabel USB-C ponsel Android?

Port USB-C adalah sebuah fitur yang sudah lama terdapat di ponsel Android. Akan tetapi, kini port USB-C sudah terdapat di perangkat iPhone 15 menggantikan konektor Lightning. Perubahan ini tentu pada awalnya mendapat reaksi beragam, di mana banyak pengguna perangkat Apple yang sudah terbiasa dengan port Lightning dan kompatibilitasnya dengan berbagai macam aksesori. Akan tetapi, ketika unit iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru mulai dipasarkan, pengguna mulai memiliki kesempatan untuk merasakan manfaatnya secara langsung dan mendapatkan sambutan yang positif.

Salah satu keuntungan dari penggunaan port USB-C adalah kemampuannya untuk menyederhanakan proses pengisian daya dari berbagai perangkat. Dulu, pengguna Apple memerlukan kabel terpisah untuk mengisi daya iPhone, iPad, dan MacBook. Akan tetapi, dengan adanya port USB-C, satu kabel tersebut sudah dapat mengisi daya berbagai gadget dan menyederhanakan kebutuhan digital Anda sehari-hari.

Tidak hanya itu, banyak pengguna yang menganggap adanya kebijakan baru ini memudahkan pengguna mengisi daya iPhone menggunakan ponsel Android. Dengan menghubungkan kedua perangkat dengan kabel USB-C, maka pengguna dapat mentransfer daya dari satu perangkat ke perangkat lainnya, sebuah fitur yang sebelumnya hanya dapat dilakukan melalui metode pengisian daya nirkabel yang cenderung lebih lambat dan kurang efisien.

Namun, seperti halnya transisi teknologi besar lainnya, mungkin ada beberapa hambatan dalam prosesnya. Seperti yang dilansir Trenasia dari Gizchina pada Selasa, 26 September 2023, laporan terbaru dari Tiongkok, salah satu pasar terbesar Apple menyoroti kekhawatiran yang diajukan oleh beberapa toko resmi Apple.

Toko-toko tersebut menyarankan pelanggan agar tidak menggunakan kabel dari perangkat Android untuk mengisi daya iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru mereka, dengan alasan kekhawatiran akan adanya panas berlebih selama proses pengisian daya.

Meski begitu, rekomendasi untuk tidak menggunakan kabel Android pada model terbaru Apple ternyata telah menimbulkan beberapa pertanyaan dan memicu perdebatan tentang motivasi di balik saran tersebut. Apakah saran tersebut merupakan kepedulian yang tulus terhadap keselamatan pengguna dan iPhone baru mereka atau justru menjadi langkah strategis untuk melindungi pangsa pasar Apple.

Tidak hanya itu, hal yang semakin membingungkan adalah tidak adanya pernyataan resmi dari Apple. Akan tetapi, salah satu penjelasan yang mungkin masuk akal adalah karena tidak semua kabel USB-C diciptakan sama dan variasi dalam penyelarasan pin sambungan serta susunan elemen tertentu dapat memengaruhi jumlah panas yang dihasilkan selama pengisian daya. 

Apa yang Sebaiknya Dilakukan oleh Konsumen iPhone 15?

Apa yang sebaiknya dilakukan oleh konsumen iPhone 15?

Konsumen atau pengguna iPhone 15 sebaiknya tetap mewaspadai potensi risiko keselamatan yang terkait dengan penggunaan kabel USB-C dengan iPhone 15. Jika Anda khawatir akan muncul panas berlebih, sebaiknya tetap gunakan kabel USB-C bersertifikat Apple. Akan tetapi, jika anggaran terbatas, ada banyak kabel USB-C pihak ketiga berkualitas tinggi yang tersedia.

Itu tadi penjelasan mengenai apakah iPhone 15 bisa diisi daya dengan kabel USB-C Android. Apakah Anda setuju?

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS