Bisa Dicoba! Hobi Bermanfaat yang Mampu Menahan Pengeluaran

Yunike Purnama - Jumat, 22 September 2023 20:53
Bisa Dicoba! Hobi Bermanfaat yang Mampu Menahan PengeluaranBerikut beberapa hobi yang menguntungkan dan membantu Anda jadi jauh lebih hemat (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Mungkin Anda menyadari bahwa biaya hidup meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu ternyata bisa diatasi dengan salah satunya mengembangkan beberapa hobi yang menghemat uang, seperti berikut ini.

Berikut beberapa hobi yang menguntungkan dan membantu Anda jadi jauh lebih hemat: 

1. Berkebun

Menanam bahan makanan sendiri di halaman belakang rumah bukan hanya hobi yang menyenangkan, tetapi juga cara yang bagus untuk menghemat biaya belanjaan Anda. Tanam sayuran dan herba yang Anda sukai, dan Anda akan mendapatkan produk segar sepanjang musim.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba menanam buah-buahan dan kacang-kacangan, yang biasanya lebih mahal harganya. Berkebun juga memberikan kesempatan besar bagi keluarga Anda untuk keluar rumah, menikmati alam, dan belajar tentang hidup sehat dan berkelanjutan.

Anda bisa memulainya dengan menanam beberapa benih atau mencari tanaman yang mudah untuk ditanam seperti bawang merah atau bawang putih, daun bawang, dan sawi. Tetapkan tujuan kecil untuk taman Anda dan terus prioritaskan pembelajaran sambil bersenang-senang.

2. Memasak

Memasak makanan sehat dan lezat di rumah bisa menghemat banyak uang dibandingkan makan di luar di restoran. Anda bisa dengan mudah menemukan resep makanan lezat di media sosial.

Anda juga bisa belajar membuat kue atau roti yang tidak hanya bisa menghemat uang keluarga Anda bahkan bisa dijual untuk memperoleh penghasilan tambahan. Anda tidak harus menikmati hobi ini sendirian. Libatkan keluarga Anda, dan memasak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

3. Membuat Kerajinan Tangan

Jangan mengabaikan proyek DIY (do-it-yourself) dan kerajinan tangan saat Anda mencari hobi yang membantu Anda berhemat. Proyek atau kerajinan buatan sendiri (DIY) bisa menjadi cara yang tepat untuk menghemat uang dan mengeluarkan kreativitas Anda.

Anda dapat membuat furnitur, dekorasi, perbaikan rumah, dan hadiah sendiri. Anda bahkan juga dapat menemukan persediaan yang terjangkau di toko barang bekas, garage sale, dan pasar online.

Anda dapat menghemat uang untuk biaya tenaga kerja dan biaya material dengan melakukannya sendiri. Kerajinan juga dapat membantu Anda rileks dan menghilangkan stres sambil memberikan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat.

4. Berolahraga

Menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat penting untuk kesejahteraan Anda secara keseluruhan, tetapi juga bisa mahal. Memilih hobi kebugaran seperti lari, hiking, bersepeda, dan yoga dapat membantu Anda menghemat uang untuk keanggotaan gym, pelatih pribadi, dan peralatan olahraga lainnya. Anda juga dapat menemukan video dan kelas olahraga gratis di internet seperti YouTube.

Anda juga bisa mendaki gunung bersama keluarga yang tidak hanya tepat untuk refreshing sekaligus menikmati alam bersama keluarga. Seringkali aktivitas ini gratis atau berbiaya sangat rendah, dan ini bisa menjadi latihan yang bagus. Anda bahkan dapat melakukan perburuan dengan membuat daftar hal-hal yang dapat ditemukan selama pendakian Anda, seperti dedaunan, bunga, atau jejak binatang.

5. Pekerjaan Mekanik Otomatis

Apakah Anda tertarik mempelajari cara kerja mobil dan cara memperbaikinya? Jika iya, hal Ini bisa menjadi keterampilan yang sangat berharga dan salah satu hobi terbaik yang membantu Anda menghemat biaya perbaikan dan pemeliharaan kendaraan. Beberapa orang juga ada yang suka membeli mobil antik tua dan mengerjakannya untuk latihan atau mungkin Anda bisa menjadi sukarelawan di bengkel mobil.

Anda juga bisa belajar dari video YouTube yang dibuat oleh mekanik berpengalaman. Mulailah dengan tugas sederhana seperti mengganti filter atau oli mobil Anda. Anda dapat beralih ke layanan lain jika Anda merasa siap. (*)

Editor: Redaksi
Tags tips finansialBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS