Bisa di Akses Lewat Smartphone, Ini Perbedaan Bank Digital dan Online Banking

Yunike Purnama - Senin, 16 Agustus 2021 08:38
Bisa di Akses Lewat Smartphone, Ini Perbedaan Bank Digital dan Online BankingPerbedaan bank digital dan online atau internet banking menjadi banyak pertanyaan masyarakat. (sumber: Pixabay)

Kabarsiger.com, BANDARLAMPUNG - Perbedaan bank digital dan online atau internet banking menjadi banyak pertanyaan masyarakat. Perkembangan teknologi semakin memudahkan pengguna dalam aktivitas sehari-hari. Apalagi saat ini aktivitas perbankan sudah bisa dilakukan lewat aplikasi smartphone.

Banyak istilah layanan perbankan berbasis teknologi, antara lain online banking atau internet banking, dan digital banking. Mengutip berbagai sumber, Minggu (15/8/2021), digital banking merupakan layanan kegiatan perbankan menggunakan sarana elektronik atau digital milik bank.

Menurut OJK dalam Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh Bank Umum, digital banking atau bank digital adalah layanan atau kegiatan perbankan dengan menggunakan sarana elektronik atau digital milik bank, dan/atau melalui media digital milik calon nasabah dan/atau nasabah bank, yang dilakukan secara mandiri.

Lebih detail dijelaskan bahwa digital banking memungkinkan calon nasabah dan/atau nasabah bank memperoleh informasi, melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan, dan penutupan rekening, termasuk memeroleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan.

Antara lain nasihat keuangan (financial advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan kebutuhan lainnya. Digital banking adalah inovasi baru yang merujuk pada produk tabungan tanpa kantor cabang fisik.

Sedangkan online banking atau yang dikenal dengan internet banking merupakan layanan perbankan yang bisa dinikmati oleh nasabah dengan cara mengakses situs bank tersebut melalui browser yang terhubung ke jaringan internet. Saat ini fungsi internet banking sudah mengungguli mesin ATM, kecuali untuk tarik tunai.

Adapun sejumlah fitur yang ditawarkan internet banking umumnya, yakni:

a. Informasi rekening dan kartu kredit yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain. Kamu juga bisa melihat informasi kurs di sini;

b. Transfer dana, baik antar-rekening bank maupun antar-bank. Fitur ini juga mencakup transfer terjadwal;

c. Pembayaran, baik pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce;

d. Notifikasi email untuk setiap transaksi. Beberapa bank bahkan memberikan rekapitulasi transaksi setiap bulan yang langsung dikirimkan ke email nasabah.

Sebelum menggunakan fitur dari internet banking, kamu membutuhkan user id, password, token atau one time password (OTP). Terlebih dahulu, kamu harus mendatangi bank atau melalui ATM untuk melakukan pendaftaran. Setelahnya, kamu bisa menggunakan internet banking dengan leluasa.

Internet banking ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain

a. Bisa diakses dari mana saja, baik dari PC, laptop, tablet, maupun ponsel. Tak masalah kamu ada di belahan dunia mana, yang penting terkoneksi internet;

b. Tidak terikat waktu. Kamu bisa mengaksesnya kapan saja, 24 jam sehari, tujuh hari seminggu;

c. Dilengkapi dengan sistem pengamanan berlapis. Meski terbilang aman, pastikan perangkat yang kamu gunakan bebas virus dan hindari menggunakan koneksi internet terbuka seperti WiFi publik. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS