Bisa Bikin Panjang Umur, Inilah Gaya Hidup Mediterania

Yunike Purnama - Sabtu, 19 Agustus 2023 18:01
Bisa Bikin Panjang Umur,  Inilah Gaya Hidup MediteraniaIlustrasi (sumber: Getty Images)

BANDARLAMPUNG - Gaya hidup Mediterania  meliputi pola makan kaya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Termasuk kebiasaan makan sehat seperti membatasi tambahan garam dan gula. Gaya hidup ini juga mempromosikan istirahat yang cukup, aktivitas fisik seperti olahraga, dan bersosialisasi dengan orang lain. 

Orang-orang yang menganut gaya hidup mediterania memiliki resiko lebih rendah dari semua penyebab dan kematian akibat kanker, menurut sebuah studi yang dipimpin oleh La Universidad Autónoma de Madrid dan Harvard TH Chan School of Public Health. Studi ini akan dipublikasikan pada Rabu, 16 Agustus, di Mayo Clinic Proceedings.

Sementara banyak penelitian telah menetapkan manfaat kesehatan dari pola makan dan gaya hidup Mediterania, beberapa penelitian juga telah dilakukan pada pola makan di luar daerah Mediterania. 

"Studi ini menunjukkan bahwa memungkinkan bagi populasi non-Mediterania untuk mengadopsi diet Mediterania menggunakan produk yang tersedia secara lokal dan mengadopsi gaya hidup Mediterania secara keseluruhan dalam konteks budaya mereka sendiri," kata penulis utama Mercedes Sotos Prieto, peneliti Ramon y Cajal di La Universidad Autonoma de Madrid dan asisten profesor kesehatan lingkungan di Harvard Chan School. "Kami melihat perpindahan gaya hidup dan efek positifnya terhadap kesehatan."

Para peneliti menganalisis kebiasaan 110.799 anggota kohort UK Biobank, sebuah studi berbasis populasi di Inggris, Wales, dan Skotlandia menggunakan indeks Gaya Hidup Mediterania (MEDLIFE). Indeks ini berasal dari kuesioner gaya hidup dan penilaian pola makan. 

Peserta, yang berusia antara 40 dan 75 tahun, memberikan informasi tentang gaya hidup mereka menurut tiga kategori ukuran indeks yakni konsumsi makanan Mediterania. Adapun asupan makanan bagian dari diet Mediterania seperti buah-buahan dan biji-bijian, Kebiasaan diet Mediterania  yang meliputi kepatuhan terhadap kebiasaan dan praktik seputar makanan, termasuk membatasi garam dan minum minuman sehat, dan aktivitas fisik, istirahat, serta kebiasaan sosial dan keramahtamahan yakni kepatuhan terhadap kebiasaan gaya hidup termasuk tidur siang secara teratur, berolahraga, dan menghabiskan waktu bersama teman. 

Setiap item dalam tiga kategori kemudian diberi skor, dengan skor total yang lebih tinggi menunjukkan kepatuhan yang lebih tinggi terhadap gaya hidup Mediterania.

Para peneliti menindaklanjuti sembilan tahun kemudian untuk memeriksa hasil kesehatan peserta. Di antara populasi penelitian, 4.247 meninggal karena semua sebab. 2.401 dari kanker dan 731 dari penyakit kardiovaskular. 

Menganalisis hasil ini bersama skor MEDLIFE, para peneliti mengamati hubungan terbalik antara kepatuhan terhadap gaya hidup Mediterania dan risiko kematian. Peserta dengan skor MEDLIFE yang lebih tinggi ditemukan memiliki risiko kematian semua penyebab 29% lebih rendah dan risiko kematian kanker 28% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki skor MEDLIFE lebih rendah. 

Kepatuhan terhadap setiap kategori MEDLIFE secara independen dikaitkan dengan penurunan semua penyebab dan risiko kematian akibat kanker. Adapun kategori "aktivitas fisik, istirahat, dan kebiasaan sosial dan keramahtamahan" paling kuat dikaitkan dengan penurunan risiko ini.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS