Bikin Hunian Lebih Lega, Ini Alternatif Pengganti Pintu

Gaya Hidup 10 Jan 2021, By Redaksi
Bikin Hunian Lebih Lega, Ini Alternatif Pengganti Pintu Pintu yang dikreasikan dapat memperindah ruangan sempit dengan tetap terlihat luas. (Dok/Dekorumah)

Kabarsiger.com - Untuk kamar tidur kecil, menggunakan pintu engsel bisa saja membuat ruangan lainnya terlihat sempit. Cara sederhana ini bisa jadi solusi praktis agar ruangan tampak lebih luas.

Tidak hanya di kamar ukuran sempit, di apartemen tipe studio pun hanya memiliki satu ruangan besar dan tidak memungkinkan untuk menggunakan pintu. Anda pun tidak harus menggunakan pintu berengsel dengan material kayu, asalkan bisa berfungsi layaknya pintu, Anda juga bisa menggunakan dan berkreasi dengan barang lainnya.

Seperti menggunakan manik-manik gantung, tren manik-manik yang menggantung di ambang pintu adalah sesuatu yang telah muncul selama tahun 1960 sampai 1970an. "Memang terlihat kuno, tetapi tren ini masih berkembang lagi. Kita bisa membeli manik-manik untuk pintu agar terlihat sangat cantik," jelas desainer interior Rina Renvil.

Manik-manik dapat terlihat sangat berbeda tergantung pada jenis yang dibeli. Pilih berbagai jenis manik-manik yang Anda suka, lalu gantungkan pada tali secara vertikal. Atau bisa juga Anda langsung membeli dan menggantungkannya sebagai pengganti pintu.

Alternatif lainnya bisa menggunakan gorden. Mungkin tampak biasa untuk alternatif pengganti pintu, tetapi gorden bisa memberikan kesan elegan. Gorden juga menjadi cara yang sangat terbuka untuk membagi ruangan menjadi beberapa bagian.

"Gorden tidak akan memberikan privasi seperti layaknya menggunakan pintu kamar biasa. Tetapi untuk penataan apartemen tipe studio, gorden bisa membantu untuk memberikan privasi antar ruang," tambah Rina.

Jika Anda tetap berniat menggunakan pintu, salah satu pilihan yang tepat adalah pintu geser. Tidak seperti pintu biasa yang membutuhkan ruang besar ketika membuka pintu, pintu geser cenderung tidak membutuhkan ruang karena hanya membutuhkan satu garis lurus pada rangka pintu.

"Pintu ini adalah tren yang mulai menjadi lebih populer karena betapa nyamannya pintu ini dan bisa diaplikasikan pada hunian bertipe minimalis," tuturnya.

Anda pun juga bisa memilih untuk tidak menggunakan pintu sama sekali di kamar tidur. Mungkin sebagian orang ini terasa aneh, namun jika di apartemen studio hal ini lebih umum dilakukan.(*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama