Berlian Merah Muda Langka Seberat 34 Gram Ditemukan di Angola

Eva Pardiana - Jumat, 29 Juli 2022 17:06
Berlian Merah Muda Langka Seberat 34 Gram Ditemukan di AngolaSebuah berlian merah muda 170 karat dengan berat 34 gram ditemukan di Angola. (sumber: BBC)

ANGOLA – Berlian merah muda dengan berat 34 gram ditemukan di Angola. Penemuan ini diperkirakan menjadi penemuan terbesar dalam 300 tahun terakhir.

Batu 170 karat itu diberi nama “Lulo Rose” yang merupakan nama tambang tempat ditemukannya berlian itu di Angola, seperti dikutip dari BBC.

Lulo Rose merupakan berlian dengan tipe 2a, yang artinya berlian ini memiliki sedikit bahkan tanpa kotoran.

"Rekor dan berlian merah muda spektakuler yang ditemukan dari Lulo ini terus menunjukkan Angola sebagai pemeran penting di panggung dunia," kata Diamantino Azevedo, Menteri Sumber Daya Mineral Angola.

Ini adalah berlian terbesar kelima yang ditemukan dari tambang Lulo yang merupakan usaha bersama antara Lucapa Diamond Company Australia dan pemerintah Angola.

Berlian serupa telah dibeli seharga puluhan juta dolar sebelumnya, salah satunya berlian “Pink Star” yang laku di Hong Kong seharga US$71,2 juta atau setara Rp1 triliun (asumsi kurs Rp14.966 per dolar AS) pada tahun 2017.

Tetapi tidak mungkin untuk berspekulasi tentang berapa banyak Lulo Rose akan diambil sampai dipotong, kata Joanna Hardy, spesialis perhiasan independen.

Menurut spesialis perhiasan independen, Joanna Hardy, harga berlian Lulo Rose masih sulit diprediksi sebelum dipotong. 

Berlian merah muda merupakan jenis yang sangat langka dengan atribut fisik yang membuat batu langka sangat keras dan tidak mudah untuk dibentuk.

Menurut Hardy, mustahil bagi publik untuk melihat berlian itu ataupun dibawa ke pelelangan, karena ada banyak klien yang mengantre untuk mengambil temuan langka tersebut.

Berlian merah muda terbesar yang diketahui adalah Daria-i-Noor, ditemukan di India, yang diyakini para ahli dipotong dari batu yang lebih besar.

Sementara itu, berlian kasar terbesar dari semua warna yang pernah tercatat adalah berlian Cullinan, ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905.

Beratnya 3.107 karat atau lebih dari setengah kilogram dan dipotong menjadi 105 batu yang berbeda.

Jenis yang terbesar, Cullinan I, adalah berlian terbesar di dunia dan merupakan bagian dari Permata Mahkota Inggris. (TA)

RELATED NEWS