Berikut Tujuh Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih

Yunike Purnama - Sabtu, 07 Oktober 2023 11:50
Berikut Tujuh Manfaat Kesehatan dari Bawang PutihIlustrasi bawang putih (sumber: Freepik)

JAKARTA - Bawang putih telah digunakan di seluruh dunia selama ribuan tahun. Bagi masyarakat Indonesia, bawang putih sering digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan.

Seperti yang dilansir Trenasia jaringan Kabarsiger dari Medical News Today pada Senin, 2 Oktober 2023, sepanjang sejarah di Timur Tengah, Asia Timur, dan Nepal, bawang putih telah digunakan untuk mengobati bronkitis, hipertensi, TBC, gangguan liver, disentri, perut kembung, kolik, cacingan, rematik, kencing manis, dan demam. 

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih menawarkan banyak manfaat kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Kekebalan

Seperti yang dilansir Trenasia dari Cleveland Clinic, menurut sebuah penelitian yang melibatkan 41.000 wanita berusia antara 55-69 tahun, bagi mereka yang rutin mengonsumsi bawang putih, buah-buahan, dan sayuran memiliki risiko kanker usus besar 35% lebih rendah.

2. Berfungsi Sebagai Anti Inflamasi

Penelitian menunjukkan bahwa minyak bawang putih berfungsi sebagai antiinflamasi. Jika sendi atau otot Anda sakit dan meradang, bisa diolesi dengan minyak bawang putih. Arthritis Foundation bahkan merekomendasikannya untuk membantu mencegah kerusakan tulang rawan akibat arthritis.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat memberikan dampak positif pada arteri dan tekanan darah. Para peneliti percaya sel darah merah mengubah belerang dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida yang akan memperluas pembuluh darah sehingga lebih mudah mengatur tekanan darah.

Meski begitu, sebelum menggunakan bawang putih dan menghentikan obat tekanan darah, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan memiliki manfaat untuk Anda.

4. Membersihkan Kulit

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antioksidang yang dapat membersihkan kulit dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bawang putih dapat menimbulkan sensasi terbakar pada kulit. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter kulit Anda terlebih dahulu sebelum mencobanya terutama jika Anda menggunakan produk perawatan kulit lainnya.

5. Mengobati Kutu Air

Bawang putih juga dapat digunakan untuk melawan jamur. Jika Anda mengalami kutu air, rendam kaki Anda dalam air bawang putih atau gosokkan bawang putih mentah pada kaki Anda untuk mengatasi jamur penyebab gatal.

6. Mengatasi Cedera Hati Akibat Konsumsi Alkohol

Cedera hati akibat alkohol dapat disebabkan kerena konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dalam jangka panjang. Para ilmuwan dari Institute of Toxicology, School of Public Health, Shandong University, China sempat melakukan penelitian mengenai diallyl disulfide (DADS), senyawa organosulfur yang berasal dari bawang putih, mungkin memiliki efek perlindungan terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh etanol. Para peneliti menyimpulkan bahwa DADS dapat membantu melindungi terhadap kerusakan hati akibat etanol.

7. Melindungi Makanan

Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, termasuk akibat Salmonella dan E. coli. Akan tetapi, jangan gunakan bawang putih sebagai pengganti sanitasi makanan dan menangani makanan dengan benar.(*)

Editor: Redaksi
Tags bawang putihBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS