Berikut Pilihan Rekomendasi Makanan Kaya Zat Besi

Yunike Purnama - Sabtu, 14 Oktober 2023 19:17
Berikut Pilihan Rekomendasi Makanan Kaya Zat BesiIlustrasi (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Zat besi, yang merupakan mineral penting dalam nutrisi manusia, memainkan peran utama dalam menjaga kesehatan tubuh dengan kegunaan utamanya yaitu pembentukan hemoglobin atau sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. 

Zat besi juga berperan dalam metabolisme tubuh dan pembentukan kolagen, yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Selain itu, zat besi juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Dengan kegunaan yang sangat penting tersebut, manusia perlu mengonsumsi zat besi untuk nutrisi hariannya. Melansir dari Dr Axe, berikut adalah sejumlah rekomendasi makanan yang memiliki banyak kandungan zat besi.

Pertama adalah bayam karena dalam 180 gram bayam matang, terdapat kandungan zat besi sebanyak 6,4 miligram. Kedua adalah hati sapi yang dalam setiap 113 gramnya mengandung 5,5 miligram zat besi. Ketiga adalah kacang hitam dimana dalam setiap 120 gramnya terdapat kandungan zat besi sebanyak 2,3 miligram.

Kemudian makanan dengan kandungan zat besi selanjutnya adalah daging sapi yang setiap 100 gramnya mengandung 2,1 miligram zat besi. Selanjutnya adalah telur yang dalam setiap dua butirnya mengandung 1,7 miligram zat besi. Serta kemudian adalah tahu dimana dalam setiap 81 gram tahu mengandung 2,2 miligram zat besi.

Zat besi memiliki peran dalam produksi hemoglobin. Karena demikian, jika Anda mengalami kekurangan zat besi, hal tersebut dapat menyebabkan anemia yang ditandai dengan beberapa gejala seperti kelelahan, kulit pucat, dan penurunan daya tahan tubuh. Selain itu, zat besi mendukung fungsi kognitif dan perkembangan otak, terutama pada anak-anak.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS