Belajar Teknik Analisa Saham Sejak Dini, Mudah dan Praktis

Yunike Purnama - Selasa, 26 Oktober 2021 09:46
Belajar Teknik Analisa Saham Sejak Dini, Mudah dan PraktisBelajar teknik analisa saham menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pemula saat ingin berinvestasi. (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG - Belajar teknik analisa saham menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pemula saat ingin berinvestasi. Hal tersebut juga merupakan dasar seorang investor untuk membeli saham tertentu. Analisa yang sukses memungkinkan investor mendapat keuntungan yang besar.

Ada teknik tersendiri untuk melakukan analisa saham. Anda harus mempelajarinya dengan seksama agar hasilnya sesuai keinginan. Dalam hal ini, memungkinkan para investor untuk mendulang kesuksesan.

Selain itu, analisa saham membuktikan bahwa investasi tidaklah mudah. Bahkan tidak sembarang orang melakukannya karena bisa mendatangkan kerugian. Semua harus jelas dengan pengambilan keputusan yang tepat.

Cara Belajar Teknik Analisa Saham untuk Berinvestasi

Pada dasarnya, analisa saham merupakan sarana untuk membedah dan menelaah saham sebuah perusahaan. Hal ini memudahkan para investor untuk mendapatkan saham yang tepat. Sehingga mengetahui kelayakan dari saham tersebut sesuai kebutuhan investor.

Baca juga: Investival 2021, BEI dan OJK Edukasi Akademisi, Mahasiswa dan Pelajar Tentang Pasar Modal

Melakukan analisa saham memungkinkan Anda untuk mengetahui kisaran profit dari investasi tersebut. Ada dua jenis analisa yang bisa Anda lakukan untuk berinvestasi saham.

Berikut penjelasan Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Lampung dalam pemaparan Sekolah Pasar Modal (SPM) Anda agar bisa dipahami trik dan tipsnya: 

Analisa Saham Fundamental
 

Pada dasarnya, analisa saham terdiri dari dua jenis. Salah satunya analisa saham fundamental yang banyak diminati masyarakat. Hal ini mampu meningkatkan pemahaman Anda untuk melangkah lebih maju dalam menjalankan investasi. Tak heran jika Anda membutuhkan alasan untuk mengambil keputusan terbaik.

Tujuan dari belajar teknik analisa saham untuk mempelajari hal yang berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan tertentu. Para investor akan lebih mudah mengetahui sifat dasar dan karakteristik operasional perusahaan publik.

Biasanya calon investor akan mendapat petunjuk tentang saham investasi. Jika semuanya sudah jelas, maka bermain saham menjadi lebih menantang. Hal tersebut termasuk pada jumlah uang yang Anda miliki.

Pendekatan Analisa Saham Fundamental Top Down

Melakukan pendekatan top down memberikan kemungkinan bahwa investor tersebut melihat gambaran kinerja perusahaan. Secara umum perusahaan yang kinerjanya baik akan menjadi pilihan investor dalam menanam saham. Lain halnya dengan kinerja perusahaan yang buruk, pastinya bertolak belakang pada keinginan investor.

Baca juga: BEI: Kenaikan Jumlah Investor Lampung Hingga 100 Persen Sejalan Dengan Kegiatan Edukasi

Pentingnya belajar teknik analisa saham agar Anda bisa memahami kondisi makro ekonomi global dan dalam negeri. Selain itu, bisa memberikan prospek pertumbuhan per sektor usaha. Dengan begitu, banyak poin positif yang bisa Anda dapatkan saat berinvestasi.

Pendekatan Analisa Fundamental Bottom-up

Kemudian dalam belajar teknik analisa saham, Anda wajib melakukan pendekatan ini. Anda bisa melihat aspek lebih rinci dari perusahaan. Bahkan termasuk mengintip laporan keuangan dari perusahaan tersebut.

Analisa Saham Teknikal

Jenis analisa saham kedua adalah teknik yang cukup aplikasi dan memerlukan ketekunan. Dalam hal ini, perlu menggunakan dua metode sekaligus. Metode tersebut klasik dan modern.

Analisa teknikal melibatkan pendekatan teknis dengan penggunaan dua metode. Pendekatan klasik memanfaatkan chart harga saham. Sedangkan pendekatan modern menggunakan indikator dengan algoritma atau rumus statistik.

Biasanya investor akan melihat kondisi pasar berdasarkan histori dari harga masa lalu. Selain itu, Anda bisa memperoleh gambaran pergerakan harga saham. Ini adalah kebutuhan semua orang saat bermain saham secara online.

Belajar teknik analisa saham sangat penting untuk melakukan investasi jangka panjang. Invest menggunakan analisa teknikal untuk menentukan arah saham. Hal tersebut jua berkaitan dengan potensi profit dalam jangka waktu yang tidak lama.

Keuntungan Melakukan Analisa Saham
Dalam belajar teknik analisa saham juga memanfaatkan berbagai teknologi. Tak heran bila Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Bahkan banyak faktor yang memberi keuntungan bagi investor.

Baru-baru ini juga sudah banyak beredar pengecekan keaslian data sehingga terjamin kepercayaannya. Dalam hal ini, Anda bisa bebas investasi secara aman dan menguntungkan. Hanya saja, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada. Jangan sampai terjerumus ke dalam saham bodong.

Itulah beberapa teknik belajar yang bisa Anda ketahui. Pastikan Anda memahaminya terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia saham. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS