Begini Lho Cara Cerdas Gunakan Uang Gaji Biar Tidak Boncos Tiap Bulan

Yunike Purnama - Selasa, 27 Juli 2021 07:18
Begini Lho Cara Cerdas Gunakan Uang Gaji Biar Tidak Boncos Tiap Bulan (sumber: null)

Kabarsiger.com, BANDARLAMPUNG - Tidak mudah untuk mengatur keuangan tiap bulan, terlebih setelah gajian tiba. Tidak sedikit seseorang yang kehabisan uang padahal masih tengah bulan. Itu terjadi lantaran banyak kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu.

Seharusnya, seseorang harus bisa menjamin kestabilan keuangan mereka dalam mempersiapkan berbagai risiko atau jika mengalami hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Terlebih pada situasi pandemi seperti saat ini, mau tidak mau semua orang harus bisa mengatur keuangan dengan bijaksana agar tidak mengalami krisis keuangan pribadi.

Perencana Keuangan dan CEO Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie, mengatakan, kesulitan mengatur keuangan bulanan memang salah satu permasalahan yang sering dihadapi. Bahkan, mencatat pengeluaran bulanan pun kurang membantu.

“Usaha untuk mencatat pengeluaran sepertinya juga kurang membantu, karena saldo nol terus sebelum tanggal gajian berikutnya. Bahkan ada beberapa kondisi yang malah membuat pengeluaran menjadi membengkak,” tulis Prita di akun Instagram pribadinya @pritaghozie, Senin (26/7/2021).

Dijelaskan lebih lanjut, ada empat langkah cerdas untuk meminimalisir pengeluaran bulanan agar tidak membengkak. Berikut empat tips belanja cerdas ala Prita Ghozie:

1. Kenali Terlebih Dahulu Pengeluaran di Area Mana yang Terbesar

Solusinya: mulai praktikkan pembagian Living-Saving-Playing.

2. Cermat Memilih Produk untuk Pengeluaran Sehari-hari

Spending bulanan tidak pernah bisa dihindari. Mulailah Anda mencari informasi yang bisa memberikan rewards lebih dari setiap pembelanjaan bulanan.

3. Kenali Si Bocor Halus

Solusinya menggunakan bantuan rekening belanja khusus, yaitu rekening Playing. Maka, pengeluaran kecil tapi sering ini akan dibatasi dengan saldo yang tersedia.

4. Buat Pos-Pos Keuangan

#temanPrita membagi anggaran dengan pos-pos keuangan, yaitu Living 50%, Saving 30%, dan Playing 20%. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags tips keuanganBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS