BCA, Mandiri, BRI dan BNI Masuk Indeks IDX-PEFINDO Prime Bank

Yunike Purnama - Senin, 02 Oktober 2023 11:57
BCA, Mandiri, BRI dan BNI Masuk Indeks IDX-PEFINDO Prime BankIlustrasi pergerakan IHSG (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA – BCA, Mandiri, BRI, BNI adalah sejumlah saham perbankan nasional yang masuk Indeks IDX-PEFINDO Prime Bank yang segera diluncurkan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 4 Oktober 2023. Indeks ini dikelola melalui kerja sama dengan PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).   

“Indeks IDX-PEFINDO Prime Bank diluncurkan dan dikelola bekerja sama dengan perusahaan pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo),” terang pengumuman BEI pada 29 September 2023, dikutip Senin 2 Oktober 2023. 

Sebagai informasi, IDX-PEFINDO Prime Bank adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 10 saham perbankan yang memiliki peringkat investment grade dengan likuiditas transaksi dan kinerja keuangan yang baik.

BEI menjelaskan metode penghitungan Indeks IDX-PEFINDO Prime Bank akan menggunakan metode capped adjusted free float market capitalization weighted dengan diterapkan pembatasan bobot saham paling tinggi sebesar 35% yang disesuaikan pada saat evaluasi. 

"Indeks IDX-PEFINDO Prime Bank telah dihitung sejak hari dasarnya pada 3 Januari 2017 dengan nilai dasar 100," tambah pengumuman BEI.

Sementara itu, evaluasi atas IDX-PEFINDO Prime Bank terbagi menjadi dua, yakni evaluasi mayor (pemilihan konstituen dan penyesuaian bobot) dan evaluasi minor (penyesuaian bobot).

Diketahui, evaluasi mayor merupakan pemilihan konstituen dan penyesuaian bobot. Jadwal evaluasi Juni dan Desember sehingga efektif hari bursa pertama bulan Juli dan Januari. 

Sedangkan evaluasi Minor atau penyesuaian bobot jadwal evaluasinya pada Maret dan September. Hasil evaluasi berlaku efektif pada hari bursa pertama bulan April dan Oktober.

Dalam hal ini, BEI telah menetapkan konstituen awal dan menyesuaikan bobot atas saham-saham yang digunakan dalam penghitungan IDX-PEFINDO Prime Bank, di antaranya PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Berikut 10 emiten perbankan lainnya. 

  • BBCA Bank Central Asia Tbk
  • BBNI Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  • BBRI Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  • BDMN Bank Danamon Indonesia Tbk
  • BMRI Bank Mandiri (Persero) Tbk
  • BNGA Bank CIMB Niaga Tbk
  • BRIS Bank Syariah Indonesia Tbk
  • BTPN Bank BTPN Tbk.
  • NISP Bank OCBC NISP Tbk
  • PNBN Bank Pan Indonesia Tbk.
Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS