Bakar Uang' Berkurang, Transaksi Gojek Menurun 7 Persen

Yunike Purnama - Jumat, 18 Agustus 2023 22:11
Bakar Uang' Berkurang, Transaksi Gojek Menurun 7 PersenGojek mengalami penurunan nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV) sebesar 7% secara tahunan. (sumber: Ist)

JAKARTA - Gojek mengalami penurunan nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV) sebesar 7% secara tahunan. Hal itu tak lepas dari berkurangnya alokasi diskon dan promosi perusahaan selama periode tersebut. 

Dalam laporan keuangan GoTo Gojek Tokopedia, dikutip Jumat 18 Agustus 2023, transaksi Gojek turun dari Rp 28,9 triliun pada Semester I 2022 menjadi Rp27 triliun triliun Semester I 2023. Data tersebut mencakup layanan layanan tumpangan (ride hailing) seperti ojek online GoRide, taksi online GoCar, pesan-antar makanan GoFood dan pengiriman GoSend 

GTV secara kuartalan juga menurun 8,6%. “Ini karena rasionalisasi insentif untuk konsumen profitabel,” ujar Gojek dalam keterangannya. Penurunan transaksi juga dipengaruhi banyaknya hari libur selama April-Juni atau kuartal II. Hal ini berdampak pada layanan mobilitas dan pesan-antar makanan.

Sebagai informasi, Gojek mengurangi anggaran insentif dan pemasaran produk, termasuk diskon, sebesar 35% selama kuartal II. Kebijakan itu setara penghematan Rp1 triliun dalam tiga bulan. Meski demikian, pengurangan diskon dan promosi berpengaruh terhadap margin kontribusi positif yang naik 853 basis poin secara tahunan menjadi 4,7% terhadap total transaksi.

Hal ini dinilai berdampak terhadap perbaikan kinerja keuangan. Meski transaksi turun, Gojek mencatat unit bisnis On-Demand Services dapat menggandakan potensi pasar jika dapat menjangkau lebih banyak konsumen yang memprioritaskan harga. Hal itu merujuk analisis internal. 

Oleh karena itu, GoTo Gojek Tokopedia bakal berfokus menjangkau kelompok konsumen tersebut dengan produk menarik yang menawarkan fleksibilitas dan kualitas tinggi. “Khususnya GoFood Hemat, GoCar Hemat, dan GoTransit Multimoda,” ujarnya Gojek.

Berikut rincian kinerja keuangan Gojek selama Semester I 2023:

-Pendapatan bruto naik 8% dari Rp5,5 triliun menjadi Rp5,9 triliun. 

-GTV turun 7% dari Rp28,9 triliun menjadi Rp27 triliun. 

-Margin kontribusi membaik dari negatif Rp1,3 triliun menjadi positif Rp1,14 triliun. 

-Laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi yang disesuaikan naik 87% dari negatif Rp3,1 triliun menjadi minus Rp410 miliar.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS