Awas! Apple Peringatkan Pengguna Tidak Boleh Tidur di Dekat iPhone yang Sedang Di-charge

Yunike Purnama - Senin, 04 September 2023 20:18
Awas! Apple Peringatkan Pengguna Tidak Boleh Tidur di Dekat iPhone yang Sedang Di-chargeApple baru-baru ini memberi peringatan kepada pengguna dalam iPhone User Guide yang ada di situs resmi Apple, terutama bagi pengguna yang memiliki kebiasaan tertidur sambil memegang iPhone, apalagi saat perangkat masih terhubung dengan pengisi daya. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Apple baru-baru ini memberi peringatan kepada pengguna dalam iPhone User Guide yang ada di situs resmi Apple, terutama bagi pengguna yang memiliki kebiasaan tertidur sambil memegang iPhone, apalagi saat perangkat masih terhubung dengan pengisi daya.

Panduan dari Apple tersebut menetapkan bahwa iPhone hanya boleh diisi dayanya ditempat yang memiliki ventilasi udara baik dan diletakkan di permukaan yang datar seperti meja. Itu artinya, secara eksplisit Apple melarang pengisian daya perangkat sambil diletakkan di permukaan lembut seperti selimut, bantal, atau tubuh pengguna.

Seperti yang dijelaskan pada User Guide atau panduannya, iPhone menghasilkan panas ketika diisi dayanya. Jika panas ini tidak dapat dihilangkan secara efektif karena ruang yang terbatas, maka hal ini berisiko menyebabkan luka bakar atau dalam kasus yang serius dapat menimbulkan kebakaran.

Akibatnya, meletakkan ponsel iPhone yang sedang diisi dayanya di bawah bantal dianggap sebagai salah satu praktik paling berisiko bagi pengguna smartphone.

Apple memberi nasihat kepada penggunanya bahwa seharusnya pengguna menghindari tidur di atas ponsel atau meletakkan perangkat, adaptor daya, atau pengisi daya nirkabel di bawah selimut, bantal, atau justru menempel pada tubuh ketika perangkat tersebut masih tersambung ke sumber listrik.

Selain itu, pengguna juga harus memastikan iPhone, adaptor pengisi daya, dan pengisi daya nirkabel apapun yang digunakan di ruangan yang memiliki ventilasi baik dan pengguna juga harus berhati-hati jika memiliki kondisi medis tertentu yang memengaruhi kemampuan deteksi panas.

Apple juga turut memberikan peringatan agar pengguna tidak menggunakan kabel atau pengisi daya yang rusak dan melakukan pengisian daya di ruangan yang lembap. Kondisi tersebut berisiko menyebabkan kebakaran, sengatan listrik, cedera, hingga kerusakan pada iPhone atau properti lainnya. 

Saat Anda menggunakan kabel pengisi daya yang sudah disertakan atau pengisi daya nirkabel yang dijual terpisah untuk mengisi daya iPhone, pastikan konektor USB-nya telah terpasang sepenuhnya ke adaptor daya yang kompatibel sebelum Anda menyambungkan adaptor ke stopkontak. Selain itu, ketika Anda menggunakan pengisi daya nirkabel, Anda harus melepas wadah logam dan hindari meletakkan benda asing berbahan logam di atas pengisi daya, seperti kunci, koin, baterai, atau perhiasan, karena benda-benda tersebut dapat menjadi hangat atau mengganggu proses pengisian daya.

Itu tadi penjelasan mengapa Apple melarang pengguna tidur di dekat perangkat Apple seperti iPhone yang sedang di-charge atau diisi dayanya. Apakah Anda masih melakukan kebiasaan tersebut?(*)

Editor: Redaksi
Tags iphoneappleBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS