Awal Ramadan Telkomsel Uji Jaringan di 15.371 Km Jalur Mudik

Yunike Purnama - Senin, 04 April 2022 13:57
Awal Ramadan Telkomsel Uji Jaringan di 15.371 Km Jalur MudikTelkomsel baru saja mengumumkan telah melakukan uji jaringan di berbagai jalur mudik dengan total 15,371 Km. Hal ini untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan menjangkau 64 ruas tol utama di seluruh Indonesia. (sumber: Telkomsel)

JAKARTA - Telkomsel baru saja mengumumkan telah melakukan uji jaringan di berbagai jalur mudik dengan total 15.371 Km. Walau masih baru hari pertama bulan Ramadan, Telkomsel melakukan hal ini untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan menjangkau 64 ruas tol utama di seluruh Indonesia.

Selain itu, provider identik dengan warna merah ini juga memperkuat jaringan dan menambah kapasitas di 501 titik keramaian (Point of Interest, POI).

Diungkapkan Direktur Network Telkomsel Nugroho, ke-500 POI yang jaringannya diperkuat ini terdiri dari 104 area residensial.

Selain itu juga 4 rumah sakit utama rujukan Covid-19, 56 area transit seperti bandar udara, stasiun, terminal, dan pelabuhan. Kemudian ada 299 area spesial, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

Titik Tertentu Ditingkatkan

Foto: Telkomsel 

"Titik yang diperkuat lebih banyak di area spesial karena saat ini status mudik sudah diperbolehkan," kata pria yang karib disapa Nugie, dalam konferensi pers Telkomsel menyambut RAFI 2022 baru-baru ini.

Dai juga mengatakan, "Kesiapan ditingkatkan di lokasi spesial seperti pusat perbelanjaan atau pariwisata."

Sementara menurut Nugie, untuk wilayah residensial atau permukiman, coverage lebih ditingkatkan pada malam hari mengingat adanya aktivitas sahur selama Ramadan.

Sebaliknya, untuk area spesial seperti pusat perbelanjaan dan pariwisata, jaringan Telkomsel lebih ditingkatkan pada siang hari, ketika orang banyak beraktivitas.

Tambah Kapasitas Internet

Untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan internetan, sepanjang Ramadan 2022, Telkomsel menambah kapasitas 932 Gbps untuk Gateway GPRS Support Node. Sehingga kapasitasnya menjadi 10.032 Gbps.

Sementara untuk Internet IX, Telkomsel menambah kapasitas sebesar 290 Gbps sehingga total kapasitasnya menjadi 6.390 Gbps.

Perlu diketahui, sejak Maret 2022, Telkomsel mulai menghapus 3G dan meningkatkan jaringan ke LTE dengan target 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun.

Layanan panggilan suara pun kini makin diperkuat dengan VoLTE yang sudah menjangkau 514 kota/ kabupaten di Indonesia. Layanan VoLTE Telkomsel bisa digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS