Apple Rilis MacBook Pro 2021

Yunike Purnama - Selasa, 19 Oktober 2021 07:04
Apple Rilis MacBook Pro 2021MacBook Pro 12 2021. (sumber: Apple)

BANDARLAMPUNG – Apple resmi memperkenalkan laptop flagship terbarunya, MacBook Pro 2021 di acara Apple Event yang digelar Selasa (19/10/2021) dini hari pukul 00.00 WIB.

MacBook Pro kali ini membawa sejumlah perubahan, terutama soal desain yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.

Perbedaan desain MacBook Pro 2021 terletak pada layar yang kini dengan bezel yang lebih tipis. Pasalnya layar laptop ini mengusung desain notch atau poni yang biasanya ditemukan di seri iPhone X ke atas. Poni yang menjadi rumah webcam 1080p ini berukuran kecil, sehingga membuat tampilan layar semakin luas.

Apple merilis MacBook Pro 2021 dalam dua ukuran 14 inci dan 16 inci. Panel layar yang digunakan mini-LED, teknologi ini memungkinkan ukuran laptop menjadi lebih tipis dan ringan, namun tetap menawarkan tingkat gamut warna dan kontras yang tinggi.

Layar MacBook Pro 2021 juga mendukung ProMotion 120Hz yang mirip dengan teknologi di iPhone 13 Pro. Berkat ProMotion, layar MacBook Pro terbaru ini akan menawarkan kecepatan refresh rate yang tinggi sehingga menghadirkan gerakan yang smooth dan manajemen konsumsi daya untuk layar laptop akan jauh lebih efisien, sehingga menghemat masa pakai baterai.

MacBook Pro kembali hadir dengan pilihan port yang lebih banyak. Tersedia port kartu SD, HDMI, USB-C, audio jack 3.5 mm, dan kembalinya MagSafe‌ yang berfungsi untuk pengisian daya baterai lebih cepat. Apple sudah tidak mengaplikasikan lagi Touch Bar interaktif dan menggantinya dengan deretan tombol fungsi standar.

Keyboard laptop MacBook Pro baru berwarna hitam dengan touchpad yang lebar. Bodi secara keseluruhan lebih tebal dengan kipas yang lebih besar untuk mengurangi panas yang berlebih pada mesinnya.

Prosesor Lebih Gahar

Salah satu yang ditunggu dari generasi MacBook Pro baru adalah soal performanya. Laptop flagship Apple ini dibekali generasi baru dari chip M1 yang kini bernama "M1 Pro" dan "M1 Max".

Chip M1 Pro dan M1 Max lebih cepat dan lebih bertenaga yang dibangun di atas teknologi M1. M1 generasi baru memiliki CPU 10-core dengan delapan core berkinerja tinggi dan dua core hemat energi, serta GPU 16-core (M1 Pro) dan 32-core (M1 Max).

Selain itu, ada dukungan RAM hingga 64 GB dengan storage SSD 512 GB dan 1 TB. Pengguna bisa mengkustomisasi ruang penyimpanan MacBook Pro 2021 hingga 8 TB.

Hardware terbaik juga harus didukung software yang canggih. Untuk itu, MacBook Pro 2021 ini sudah didukung sistem operasi macOS Monterey yang diklaim sebagai OS desktop tercanggih di dunia.

Ada banyak fitur terbaru dari sistem operasi ini. Salah satu yang menarik adalah fitur Universal Control yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan mouse dan keyboard yang sama di Mac atau iPad.

Kursor mouse dapat bergerak bolak-balik antara iPad dan laptop Mac atau desktop, mengubah iPad menjadi layar kedua secara fungsional. Ia bahkan bisa bekerja di antara komputer maupun laptop MacBook.

"MacBook Pro yang serba baru menambahkan tampilan XDR yang menakjubkan, lebih banyak port seperti MagSafe 3, kamera 1080p yang canggih, dan sistem suara enam speaker yang sensasional, semuanya dalam desain baru yang menakjubkan. MacBook Pro baru tidak ada bandingannya dan sejauh ini merupakan notebook pro terbaik yang pernah kami buat,"
Greg Joswiak, SVP Worldwide Marketing Apple.

Apple juga telah mengumumkan bahwa macOS Monterey akan mendapatkan fitur Shortcuts. Dengan fitur ini pengguna Mac bisa mengatur aplikasi yang paling sering mereka gunakan agar dapat mudah diakses. Fitur ini dapat digunakan untuk langsung berbagi file dan banyak lagi ke perangkat lain, baik iPhone dan iPad.

Dengan segudang teknologi canggih tersebut, berapa harga MacBook Pro 2021? Apple mengumumkan laptop MacBook Pro 2021 akan dibanderol 1.999 dolar AS (sekitar Rp 28,2 juta) untuk varian 14 inci dan 2.499 dolar AS (sekitar Rp 35,3 juta) untuk versi 16 inci.

Laptop baru Apple ini sudah bisa dipesan hari ini di AS dengan penjualan perdana mulai pekan depan. Belum ada informasi lanjut mengenai tanggal peluncuran MacBook Pro 2021 di Indonesia. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags applemacbook pro 15Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS