Anti Ribet Tukar Uang Baru di Bank, Berikut Cara Gunakan Aplikasi PINTAR BI

Yunike Purnama - Selasa, 28 Maret 2023 09:45
Anti Ribet Tukar Uang Baru di Bank, Berikut Cara Gunakan Aplikasi PINTAR BIUntuk penukaran uang baru di kas keliling, masyarakat harus daftar atau memesan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR BI. (sumber: Bank Indonesia)

BANDARLAMPUNG - Bank Indonesia (BI) resmi membuka kembali layanan penukaran uang rupiah baru sejak Senin (27/3/2023). Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Lebaran 2023, layanan penukaran uang baru dibuka dari 27 Maret - 20 April 2023.

Sama seperti tahun lalu, penukaran uang baru bisa dilakukan melalui bank-bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk Lebaran 2023, BI telah bekerja sama dengan perbankan buat menyediakan 5.066 titik penukaran uang baru.

Khusus untuk wilayah Lampung, Bank Indonesia bekerjasama dengan 36 Perbankan, yang terdiri dari 180 titik penukaran yang tersebar di wilayah Provinsi Lampung.

Selain melalui perbankan, penukaran uang baru juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan kas keliling Mobil layanan kas keliling bakal tersebar pula di berbagai wilayah. Penukaran uang baru lewat kas keliling bisa dibilang lebih mudah lantaran masyarakat bisa daftar secara online. Lantas, bagaimana cara tukar uang baru di kas keliling?

Untuk penukaran uang baru di kas keliling, masyarakat harus daftar atau memesan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR BI. Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah cara tukar uang baru di kas keliling via PINTAR BI buat Lebaran 2023.

Cara tukar uang baru via PINTAR BI buat Lebaran 2023

  • Kunjungi link penukaran uang baru buat Lebaran 2023 ini https://pintar.bi.go.id/.
  • Selanjutnya, pilih menu “Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling” yang berada di halaman awal situs.
  • Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru pada mobil kas keliling yang diinginkan.
  • Selanjutnya, situs bakal menampilkan daftar lokasi dan tanggal yang tersedia. Pilih lokasi dan tanggal penukaran uang tersebut sesuai kebutuhan.
  • Isi data pemesanan, yang meliputi NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail aktif.
  • Kemudian, isi jumlah lembar atau keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling
  • Setelah itu, bukti pemesanan layanan penukaran uang baru lewat kas keliling bakal diberikan.
  • Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas kas keliling saat melakukan penukaran uang baru buat Lebaran 2023, sesuai dengan pilihan lokasi dan waktu sebelumnya.

Nominal maksimal penukaran:

Penukaran uang baru untuk Lebaran 2023 akan dibatasi tiap orang. Nominal maksimal uang baru yang bisa ditukarkan setiap orang adalah 3,8 juta dengan rincian sebagai berikut:

  • Penukaran pecahan Rp 20.000 maksimal sampai Rp 2 juta
  • Penukaran pecahan Rp 10.000 maksimal sampai Rp 1 juta
  • Penukaran pecahan Rp 5.000 maksimal sampai Rp 500.000
  • Penukaran pecahan Rp 2.000 maksimal sampai Rp 200.000
  • Penukaran pecahan Rp 1.000 maksimal sampai Rp 100.000

Demikianlah penjelasan cara tukar uang baru buat Lebaran 2023 di kas keliling dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR BI.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS