Aktif Gunakan WhatsApp Bikin Storage Cepat Habis? Ini yang Perlu Dilakukan

Yunike Purnama - Jumat, 27 Oktober 2023 05:44
Aktif Gunakan WhatsApp Bikin Storage Cepat Habis? Ini yang Perlu DilakukanIlustrasi WhatsApp (sumber: Unsplash)

BANDARLAMPUNG - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan populer, termasuk bagi masyarakat Indonesia. WhatsApp yang dimiliki oleh Meta telah menjadi alat yang selalu diperlukan untuk melakukan komunikasi online.

WhatsApp menawarkan alternatif yang nyaman untuk mengirim pesan. Akan tetapi, jika Anda menyadari bahwa WhatsApp menghabiskan sebagian besar penyimpanan ponsel Anda. 

Oleh karena itu, penting untuk segera mengambil tindakan agar WhatsApp tidak menghabiskan begitu banyak storage. 

Cara Mengelola WhatsApp Agar Penyimpanan Tidak Cepat Habis

Cara mengelola WhatsApp agar penyimpanan atau storage tidak cepat habis

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar storage ponsel Anda tidak cepat habis karena penggunaan WhatsApp.

Aktifkan Fitur Disappearing Messages

Meta telah memperkenalkan fitur Disappearing Messages ke WhatsApp pada tahun 2020. Meta memungkinkan pengguna menyetel pengatur waktu secara default kapan pesan dapat menghilang secara otomatis. 

Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan privasi, tapi juga membantu mengelola ruang penyimpanan dengan lebih efektif. Untuk melakukannya, Anda perlu menemukan opsi Disappearing Messages di bagian ‘Manage Storage’ pada pengaturan WhatsApp dengan membuka pilihan You, pilih Storage and Data di iPhone atau  pada Android pilih Settings, tap Storage and Data.

Tap opsi Turn On Disappearing Messages dan pilih Default Message Timer untuk mengatur hitungan mundur hilangnya pesan. Untuk pendekatan yang lebih selektif, tap Apply Timer to Chats untuk memilih obrolan tertentu untuk pesan yang hilang.

Nonaktifkan Unduhan Otomatis

Secara default, WhatsApp diatur untuk mengunduh file media secara otomatis saat Anda terhubung ke Wi-Fi. Meski fitur ini sebetulnya memudahkan Anda, fitur ini dapat dengan cepat mengacaukan perangkat Anda, apalagi jika Anda tidak aktif di grup.

Untuk melakukannya di iPhone, buka WhatsApp dan ketuk ‘You’ di pojok kanan bawah. Pilih Storage and Data dan scroll ke bagian Media Auto-Download. Tapi setiap jenis media dan pilih Never, atau pilih ‘Wi-Fi only’.

Sedangkan untuk di ponsel Android, buka WhatsApp dan ketuk tiga titik di sudut kanan atas. Pilih menu Settings, pilih Storage and data dan buka bagian Media auto-download.

Matikan semua jenis media untuk data seluler dan Wi-Fi sesuai keinginan. Nonaktifkan unduh otomatis untuk memberikan Anda kontrol lebih baik atas apa yang disimpan di perangkat Anda.

Hapus File Media WhatsApp

Setelah Anda mematikan unduh otomatis, Anda perlu membersihkan file media yang ada. Anda dapat menghapus foto dan video yang tidak diperlukan baik yang ada di galeri ponsel Anda atau yang ada di dalam aplikasi WhatsApp. 

Itu tadi penjelasan mengenai cara mengelola penyimpanan atau storage WhatsApp agar tidak memenuhi ponsel atau smartphone Anda.

Editor: Redaksi
Tags whatsappBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS