91 Persen Transaksi Keuangan Nasabah BCA sudah Digital

Yunike Purnama - Sabtu, 02 Desember 2023 06:05
91 Persen Transaksi Keuangan Nasabah BCA sudah Digital (sumber: null)

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA/BBCA) mencatat bahwa sebanyak 91% transaksi keuangan nasabah dilakukan secara digital atau melalui layanan mobile banking. 

Direktur Keuangan BCA Vera Eve Lim menegaskan bahwa meskipun begitu, BCA tetap mengusung konsep bank hybrid yang mampu melayani nasabah melalui berbagai saluran.

Ia mengatakan, dalam posisi sebagai bank hybrid, BCA mempermudah akses pelanggan baik melalui cabang, mobile banking, atau layanan internet. 

“Jika nasabah ingin bertanya atau membutuhkan bantuan, mereka dapat menghubungi melalui layanan haloBCA tanpa perlu ke kantor cabang," ungkap Vera dalam public expose BCA yang ditayangkan secara virtual beberapa hari lalu, dikutip Jumat, 1 Desember 2023. 

Vera menyoroti fenomena bank digital yang saat ini berkembang namun memiliki pangsa pasar terbatas, terutama dalam melayani segmen ritel dan generasi muda. 

Sebagai bank hybrid, BCA tetap konsisten dalam melayani semua segmen di Indonesia, termasuk korporasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta konsumen.

Dalam kesempatan yang sama, Vera menyampaikan bahwa kompetisi di segmen bank yang fokus memberikan pelayanan melalui medium digital akan semakin ketat. 

Tantangan semakin meningkat dengan bank konvensional yang mulai mengoptimalkan layanan digital mereka. Vera engungkapkan bahwa salah satu tantangan utama bagi bank digital saat ini adalah bagaimana mereka dapat bersaing dengan bank hybrid yang memiliki ekosistem yang lebih luas dan kemampuan pelayanan melalui berbagai saluran.

Lim menyoroti fakta bahwa hampir semua bank, termasuk bank digital, kini telah memiliki aplikasi mobile banking dan memungkinkan pembukaan rekening secara online.

Namun, ia menekankan bahwa karena pangsa pasar bank digital tidak sebesar bank hybrid, kemampuan pelayanannya cenderung terbatas pada segmen tertentu, khususnya segmen ritel dan anak-anak muda.

Vera menilai bahwa bank digital perlu mencari strategi inovatif untuk bersaing dengan bank yang memiliki beragam saluran layanan. 

Hal ini diperlukan agar bank digital dapat menarik nasabah untuk bertransaksi dan mendapatkan kredit dari lembaga tersebut. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS