7 Tanda Memiliki Mental Kuat Menurut Ahli

Yunike Purnama - Sabtu, 29 Juli 2023 13:45
7 Tanda Memiliki Mental Kuat Menurut AhliIlustrasi (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Kita sering melihat definisi kekuatan mental yang cukup sempit. Kekuatan mental biasanya hanya disamakan dengan konsisten menjaga kebiasaan dan disiplin diri.

Namun sebenarnya kekuatan mental memiliki arti yang lebih luas.

Berikut ini TrenAsia.com merangkum beberapa tanda kekuatan mental yang mungkin tidak Anda kenali pada diri sendiri atau orang lain dari Psychology Today.

1. Anda Meminta dan Menerima Nasihat

Meminta nasihat adalah tanda keterbukaan. Mengambil nasihat adalah tanda fleksibilitas kognitif dan perilaku yaitu, Anda bersedia dan mampu menyesuaikan pemikiran dan tindakan Anda berdasarkan informasi baru.

2. Anda dapat Memahami Strategi Anda.

Tanda kekuatan mental adalah memiliki strategi-strategi yang matang dan secara fleksibel beralih dari satu ke yang lain, bergantung pada bagaimana situasinya dan apa yang sekiranya berhasil.

Jika Anda dapat memahami strategi Anda untuk pemecahan masalah, pengambilan keputusan, manajemen diri, dan memengaruhi orang lain, hal ini menunjukkan bahwa Anda memiliki beragam alat. Dan otomatis mencegah Anda terjebak menggunakan strategi yang sama, karena kurangnya alternatif.

3. Anda dapat Memecah Tugas yang Rumit Menjadi Langkah-Langkah yang dapat Dikelola

Perencanaan dan pengurutan adalah fungsi otak tingkat tinggi yang termasuk dalam kategori fungsi eksekutif .

Orang yang menghindari tugas-tugas sulit terkadang melakukannya karena mereka tidak dapat merencanakan dan mengurutkan. Mereka tidak dapat memecah tugas yang menantang menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola sehingga tidak terlalu membebani.

Memecah tugas menjadi langkah-langkah yang lebih kecil mengurangi penghindaran tugas karena merasa kewalahan .

Seiring waktu, menyelesaikan tugas-tugas kompleks membangun kepercayaan diri, keterampilan, dan reputasi Anda sebagai orang yang terampil dan dapat diandalkan.

4. Anda Senang Melihat Orang Lain Menang dan Sukses

Salah satu penentu kualitas hubungan yang paling penting adalah bagaimana orang saling mendukung ketika semuanya berjalan dengan baik. Ini berlaku untuk semua jenis hubungan, mulai dari pernikahan hingga teman hingga rekan kerja dan keluarga.

Anda akan memiliki hubungan yang lebih kuat jika Anda bisa merasa bahagia untuk orang lain saat mereka menang atau sukses. Ini juga merupakan tanda halus bahwa Anda merasa aman dan terjamin dalam diri Anda sendiri, dan bahwa Anda beroperasi berdasarkan asumsi peluang yang melimpah, bukan kelangkaan dan ancaman.

5. Anda Selalu Belajar

Kekuatan fisik dan volume otot melindungi dari efek penyakit dan penuaan. Hal yang sama berlaku untuk kekuatan mental. Terus mendapatkan pengetahuan baru membantu melindungi terhadap efek mental dari penyakit dan penuaan.

Dalam bukunya yang berjudul Stress Free Produktivity, Alice Boyes PhD sang penulis buku membahas bahwa cara yang baik untuk mengukur kekuatan ini adalah apakah salah satu keterampilan yang Anda gunakan sekarang adalah keterampilan yang Anda pelajari tahun lalu. Jika keterampilan yang Anda gunakan setiap hari sekarang adalah semua keterampilan yang Anda pelajari 20 tahun yang lalu, itu bukan pertanda bagus untuk terus belajar.

6. Punya IDe Mengejutkan


Kapasitas untuk merefleksikan ide adalah tanda kekuatan mental. Jika Anda dihadapkan pada ide menarik dari percakapan, membaca, atau podcast, apakah itu melekat di benak Anda dan Anda memikirkannya? Membiarkan pandangan dunia dan strategi Anda dibentuk oleh ide-ide baru adalah tanda kekuatan mental dan fleksibilitas.

7. Menghargai Kualitas Diri

Mampu melihat kekuatan Anda adalah aset. Mengapa? Semakin Anda secara akurat memahami kekuatan Anda, semakin baik Anda melihat bagaimana Anda dapat menerapkan kekuatan Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dan menangani stres dan tantangan.

Ketika Anda melihat diri Anda memiliki berbagai macam kekuatan, itu akan membantu Anda melihat banyak cara untuk menangani tugas dan situasi yang sulit. Saat Anda menggunakan pendekatan yang beragam, Anda akan mencoba tantangan yang lebih bervariasi, mencapai hasil lebih banyak, dan mengembangkan keterampilan juga kekuatan Anda lebih lanjut. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS