6 Makanan dengan Kandungan Protein Lebih Tinggi dari Telur

Yunike Purnama - Minggu, 17 September 2023 11:24
6 Makanan dengan Kandungan Protein Lebih Tinggi dari TelurIlustrasi telur (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Protein memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Konsumsi banyak protein dapat menjadi pembantu diet karena dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, protein disebut dapat mempercepat metabolisme dan membakar lemak seperti dilansir Healthline. Protein juga disebut  dapat membantu membentuk massa otot jika dibarengi dengan angkat beban. 

Selama ini, telur dipercaya sebagai salah satu sumber protein paling populer bagi banyak orang karena memang satu butir telur mengandung protein kurang lebih 3,6 gram. Namun sebenarnya ada sejumlah makanan yang dipercaya memiliki kandungan protein yang lebih banyak dari telur.

Melansir dari Dr Axe, berikut adalah sejumlah makanan dengan kandungan protein yang lebih banyak dari pada telur.

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang disebut memiliki kandungan protein sekitar 20 gram atau lima kali lipat lebih tinggi dari pada satu butir telur. Angka tersebut membuat kaldu tulang sangat cocok untuk dijadikan pengganti telur. Selain protein, kaldu tulang juga kaya akan kolagen, glukosamin, dan kondroitin yang penting untuk mengoptimalkan kesehatan sendi.

2. Ayam

tiga ons dada ayam matang mengandung protein sebanyak sekitar 26 gram tergantung bagaimana cara pemotongan dan memasaknya. Selain itu ayam juga mengandung banyak niasin, selenium, vitamin B6 dan fosfor dalam setiap potongnya.

3. Buncis

Satu cangkir buncis mengandung sekitar 14,5 gram protein. Tidak hanya itu, buncis juga mengandung sejumlah mikronutrien penting lainnya, termasuk mangan, folat, zat besi, fosfor, dan tembaga.

4. Tempe

Kedelai fermentasi ini merupakan sumber protein nabati yang baik karena mengandung 15 gram protein nabati dalam setiap porsi tiga onsnya. Selain itu, tempe juga mengandung prebiotik yang baik untuk kesehatan usus serta beragam nutrisi seperti mangan, fosfor, dan riboflavin.

5. Quinoa

Quinoa merupakan salah satu sumber protein nabati  yang dianggap menyediakan protein lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Quinoa yang diolah mengandung lebih dari 8 gram protein serta mengandung banyak serat, magnesium, fosfor, dan folat.

6. Greek Yoghurt/ Yoghurt Yunani

Yoghurt yang kental dan bertekstur lembut ini mengandung 11 gram protein serta banyak kalsium, potasium, dan vitamin B12. Pastikan memilih produk yoghurt yunani yang tidak mengandung pemanis untuk mengonsumsinya. Anda dapat mengonsumsi yoghurt yunani dengan buah atau pemanis alternatif selain gula yang alami semisal madu untuk menikmatinya.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS