6 Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal 2022

Yunike Purnama - Sabtu, 27 Agustus 2022 13:16
6 Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal 2022Ilustrasi agen sembako (sumber: Fastpay)

BANDAR LAMPUNG - Cara menjadi agen sembako tanpa modal 2022 bisa Anda lakukan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Bisnis sembako memiliki potensi yang menjanjikan karena sembako merupakan bahan pokok yang menjadi kebutuhan utama masyarakat.

Bisnis sembako hampir tidak pernah sepi pembeli. Peluang usaha ini akan selalu ada selama manusia hidup. Meski demikian, tak sedikit orang ragu untuk memulai bisnis sembako ini karena terkendala modal.

Oleh karena itu, Kabarsiger mengulas beberapa cara menjadi agen sembako tanpa modal 2022 agar bisa Anda jadikan referensi dalam memulai usaha. Apa saja? Yuk, simak!

6 Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa modal 2022

Beberapa cara menjadi agen sembako tanpa modal yang bisa Anda lakukan antara lain sebagai berikut:

1. Menyiapkan Tempat Usaha
Jika Anda ingin membuat usaha sembako, Anda perlu menyiapkan sebuah tempat usaha atau toko. Sebab, toko inilah yang nantinya akan menjadi tempat Anda menjalankan bisnis Anda. Agar bisa meminimalisasi modal, Anda bisa menyiapkan tempat usaha di rumah Anda sendiri seperti membangun toko di depan rumah.

Meski demikian, Anda juga perlu memperhatikan apakah tempat tersebut strategis atau tidak untuk menjadi tempat usaha. Sebab, strategis tidaknya tempat usaha akan sangat mempengaruhi penjualan sembako Anda nantinya. Jadi, pastikan memilih tempat usaha yang bisa dijangkau banyak orang dan strategis.

2. Mencari Distributor dan Supplier 
Salah satu hal yang membutuhkan modal cukup besar dalam bisnis sembako adalah modal untuk membeli produk sembako yang akan dijual. Oleh karena itu, untuk meminimalisasi modal Anda perlu mencari dan menjalin kerjasama dengan distributor atau supplier sembako yang Anda jual.

Biasanya, distributor akan memberikan harga khusus untuk agennya. Bahkan, jika toko Anda sudah berjalan lancar dan telah memiliki pelanggan, distributor atau supplier biasanya akan menyimpan barang di toko Anda dengan sistem bayar di akhir secara berkala. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan Anda karena Anda tidak perlu modal untuk stok barang.

3. Mengajukkan Permohonan Agen Resmi
Anda juga bisa mencoba menjalin kerja sama dengan distributor dengan mengajukan surat permohonan menjadi agen resmi. Menjadi agen resmi dapat memberikan Anda keuntungan tersendiri seperti mendapatkan akses khusus terhadap produk-produk sembako yang dimiliki oleh distributor tersebut. Selain itu, sebagai agen resmi, toko kelontong Anda juga akan mendapatkan prioritas pelayanan.

4. Mengajukan Kredit Limit
Anda juga bisa mengajukan kredit limit kepada distributor jika toko Anda sudah memiliki banyak pelanggan tetap dan mencapai omzet penjualan tertentu setiap minggu atau bulan. Kredit limit ini bisa membuat Anda mendapatkan supply tanpa membayar secara tunai.

5. Melakukan Pemasaran Efektif
Tak hanya menyiapkan toko atau tempat usaha yang strategis serta mencari distributor, Anda juga harus melakukan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu faktor ramainya sebuah usaha adalah strategi pemasaran yang baik. Anda tentunya tidak hanya duduk diam dan menunggu pelanggan datang. Anda harus melakukan berbagai upaya pemasaran agar pelanggan mengenali toko Anda dan berbelanja di sana. Jika toko Anda ramai, banyak distributor atau supplier yang akan menjalin kerja sama tanpa harus Anda minta.

6. Menjalin Hubungan Baik dengan Pembeli
Anda juga perlu menjalin hubungan baik dengan konsumen atau pembeli. Memberikan pelayanan yang baik dan bersikap ramah kepada konsumen maupun lingkungan sekitar juga bisa membuat mereka lebih nyaman untuk belanja di toko sembako Anda. Hal ini bisa meningkatkan penjualan Anda dan juga membuat toko Anda semakin ramai.

Itulah beberapa cara menjadi agen sembako tanpa modal 2022 yang bisa Anda coba. Selamat mencoba! (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS