5 Usaha Kreatif di Luar Negeri tapi Belum Ada di Indonesia, Mau Coba?

Yunike Purnama - Kamis, 04 Maret 2021 20:06
5 Usaha Kreatif di Luar Negeri tapi Belum Ada di Indonesia, Mau Coba?Suasana peternakan ayam di Peternakan C & A Farms, Fairmont, Carolina Utara, AS. (sumber: REUTERS/Randall Hill)

Kabarsiger.com - Dengan segala potensi yang ada, Indonesia memang dikenal cukup kreatif dalam menciptakan berbagai peluang usaha, khususnya bagi ranah UMKM. Apalagi selama pandemi, kreativitas menjadi hal penting agar bisnis tetap menarik untuk dilirik banyak orang.

Namun ternyata ada beberapa jenis peluang usaha kreatif lainnya di luar negeri yang belum ada di Indonesia.

Tentunya tidak ada salahnya untuk menjadikan usaha kreatif di luar negeri ini untuk dikembangkan di Indonesia.

Berikut ini lima jenis peluang usaha kreatif yang populer di luar negeri tapi belum ada di Indonesia:

1. Bisnis jasa sewa ayam

Jika selama ini bisnis ternak ayam sudah sangat biasa di Indonesia, maka di luar negeri tepatnya di Traverse City, Chicago, Amerika Serikat, ada sebuah bisnis jasa penyewaan ayam. Dengan menyewakan ayam, sang pencetus ide Leslie Suitor ingin memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan telur ayam. Dan menariknya, ide usahanya tersebut mendapatkan sambutan positif dari banyak masyarakat di sana.

Uniknya, ayam yang disewakan tersebut akan dikembalikan jika sudah berhasil menetaskan sebuah telur yang nantinya akan dikonsumsi.

2. Peluang usaha pom bensin berjalan

Selanjutnya adalah peluang usaha menciptakan pom bensin berjalan. Memang di Indonesia sudah banyak yang berjualan bensin eceran, namun bagaimana jika kendaraan mogok atau habis bensin di tempat yang terpencil dan tidak ada penjual bensin eceran?

Nah, di Amerika sudah ada sebuah peluang usaha menciptakan pom bensin berjalan. Di mana jika ada kendaraan yang mogok atau sudah kehabisan bensin, maka sebuah truk kecil bermuatan bensin bisa langsung dipanggil lewat telepon ataupun internet, untuk mengisi bahan bakar.

Bisnis seperti ini memiliki potensi yang cukup bagus di Indonesia mengingat jumlah kendaraan di Indonesia yang sangat membeludak serta kemacetan yang tinggi di kota-kota besar.

3. Peluang usaha cuci mobil panggilan

Kalau tadi sudah ada jasa pom bensin berjalan, maka sekarang ada usaha kreatif yakni cuci mobil panggilan, yang bisa ditelfon langsung bahkan ketika kamu tengah berada di rumah. Peluang usaha seperti ini berangkat dari kebiasaan masyarakat perkotaan yang tidak memiliki waktu banyak bahkan hanya untuk sekedar mencuci mobil mereka, khususnya di luar negeri dengan tingkat pekerjaan yang padat dan tinggi.

Hingga akhirnya di luar negeri pun mulai muncul ide kreatif seperti ini. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sedang dilanda demam jasa. Di mana bisnis jasa sedang mengalami kenaikan. Tentu saja, jasa pencucian mobil panggilan seperti ini akan lebih mudah diterima masyarakat yang ada di kota-kota besar.

4. Peluang usaha pembuatan sandal custom

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan sandal sehari-hari. Namun sayangnya, masih sangat sedikit para pengusaha yang berfikir kreatif untuk menjadikan sandal sebagai salah satu barang yang menarik untuk dibeli.

Terbukti, di luar negeri bisnis sandal custom atau yang bisa di pesan sesuai keinginan sendiri sudah mulai banyak dijalankan. Tak hanya sepatu, dengan metode custom ini sandal yang dijual bisa memiliki harga yang cukup tinggi.

Dengan membuat sandal dengan desain sesuai permintaan konsumen seperti penambahan nama, gambar, logo ataupun kata-kata tertentu, dijamin di Indonesia peluang usaha seperti ini akan cepat laris manis. Yang terpenting adalah cara kamu dalam memasarkan usaha kreatif seperti ini. Baik offline ataupun mengandalkan online yang sedang berkembang saat ini.

5. Peluang usaha tanaman dengan menggunakan listrik

Salah satu perusahan di Amerika Serikat telah berhasil mengembangkan sebuah metode untuk menanam tumbuhan di dalam ruangan tertutup dengan menggunakan listrik. Cara ini sangat berguna bagi orang-orang yang ingin memelihara tanaman ataupun ingin berkebun namun memiliki lahan rumah yang sempit.

Di Indonesia peluang usaha seperti ini sangat cocok ditujukan kepada masyarakat yang tinggal di apartemen ataupun perumahan yang tidak memiliki banyak lahan. Dengan begitu, mereka pun bisa bercocok tanam tanpa perlu repot mencari tanah atau pot untuk tempatnya. Cukup memasukkan air sekali sehari dan menghubungkannya ke dalam listrik yang dialiri ke dalam kapsul pintar di mana di dalamnya sudah terdapat pupuk dan biji tanaman.(*)

Bagikan:
Yunike Purnama

Yunike Purnama

RELATED NEWS