5 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Pemula

Yunike Purnama - Minggu, 02 Juli 2023 17:08
5 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik dan Mudah Digunakan untuk PemulaMelalui aplikasi investasi, seseorang bisa merencanakan pengeluaran dan tabungan di masa depan dengan lebih mudah dan aman (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Masyarakat Indonesia saat ini semakin melek dengan dunia financial dengan mempersiapkan keuangan masa depan dengan lebih terencana. Tak heran, beberapa tahun belakangan ini, aplikasi investasi banyak dicari terutama generasi mudanya.

Melalui aplikasi investasi, seseorang bisa merencanakan pengeluaran dan tabungan di masa depan dengan lebih mudah dan aman karena beberapa aplikasi investasi di Indonesia sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Dilansir dari Investopedia, investasi adalah aset atau barang yang didapatkan oleh seseorang untuk meningkatkan pendapatan dengan peningkatan nilai aset dari waktu ke waktu.

Jadi bisa dikatakan bahwa segala tindakan apapun di masa depan dengan harapan meningkatkan pendapatan di masa depan bisa disebut dengan investasi.

Beberapa jenis investasi yang umum digunakan diantaranya saham, deposito, reksa dana, obligasi, properti, kripto dan emas.

Jenis investasi di atas merupakan investasi jangka panjang dan jangka pendek yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan secara perencanaan keuangan masing-masing.

Namun sebelum berinvestasi, jangan sembarangan memilih aplikasi investasi ya. Berikut lima aplikasi investasi terbaik yang aman dan mudah digunakan oleh pemula

Bibit

Bibit merupakan aplikasi investasi yang menyediakan Robo Advisor yang memberikan rekomendasi investasi sesuai dengan profil resiko, tujuan serta jangka investasi pengguna.

Tak hanya itu, Bibit juga menyediakan materi mengenai investasi dan layanan yang disediakan. Sehingga pengguna pemula bisa mempelajari investasi dan jenis investasi yang cocok sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan keuangannya.

Aplikasi ini sudah terdaftar OJK sejak tahun 2019 dan saat ini setidaknya sudah bekerja sama dengan lebih dari 30 manajer investasi.

StockBit

Aplikasi StockBit menyediakan aplikasi jual beli saham dengan biaya transaksi yang terbilang cukup rendah. Perlu diketahui, investasi saham merupakan salah satu investasi jangka panjang. Jadi, pastikan gunakan uang dingin jika ingin memilih investasi saham.

StockBit merupakan aplikasi yang cocok digunakan bagi orang yang senang berdiskusi, melakukan analisis dan ingin berinvestasi saham hanya dalam satu tempat. Karena aplikasi ini menyediakan fitur data keuangan perusahaan, berita terkini, chart interaktif, analisis teknikal dan fitur lainnya.

Setelah merger dengan PT Mahakarya Artha Sekuritas, aplikasi ini resmi terdaftar OJK pada tahun 2021.

Bareksa

Aplikasi Bareksa hampir sama dengan Bibit yang menyediakan beberapa instrumen investasi selain reksa dana.

Seluruh informasi mengenai layanan dan produk yang ada di Bareksa termasuk bisa di akses dengan mudah dalam satu aplikasi. 

Bareksa juga menyediakan fitur simulasi pergerakan dana untuk setiap elemen investasi yang dipilih sehingga pengguna Bareksa dapat membaca perkiraan keuntungan dan kerugian yang akan dialami.

Sama seperti Bibit dan StockBit, aplikasi ini juga sudah secara resmi terdaftar OJK tepatnya pada tahun 2016 lebih awal dibandingkan kedua aplikasi tersebut.

Ajaib

Instrumen investasi yang disediakan oleh Ajaib diantaranya saham dan reksa dana. Aplikasi ini cocok digunakan oleh pemula karena memiliki tampilan yang mudah dipahami.

Pengguna juga bisa membuka rekening saham tanpa perlu deposit dana awal. Selain itu, Ajaib juga sudah terdaftar OJK pada tahun 2019.

SimInvest

SimInvest merupakan aplikasi investasi saham dan reksa dana milik Sinarmas sekuritas yang bisa diakses secara fleksibel melalui Smartphone dan desktop.

Aplikasi ini juga sudah terdaftar OJK, jadi legalitasnya sudah terjamin dan aman digunakan. (*)

 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS