5 Makanan Alami Efektif untuk Sembelit

Yunike Purnama - Rabu, 26 Juli 2023 14:30
5 Makanan Alami Efektif untuk Sembelit Sembelit merupakan masalah pencernaan yang membuat tidak nyaman penderitanya. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Sembelit merupakan masalah pencernaan yang membuat tidak nyaman penderitanya. Melansir dari Dr. Axe, sebanyak 20 persen dari total orang dewasa di Amerika Serikat mengalami sembelit. Diperkirakan bahwa sembelit menyumbang lebih dari 2,5 juta kunjungan dokter setiap tahunnya. Sembelit sering kali diderita oleh wanita dewasa.

Selain menimbulkan ketidaknyamanan di toilet, terdapat gejala-gejala yang membuat tidak nyaman yang dapat berlangsung seharian. Gejala tersebut ermasuk kembung, nyeri punggung bawah, bahkan kecemasan atau kelelahan.

National Institute of Diabetes, Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) menyebutkan seseorang bisa dikatakan mengalami sembelit jika buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Selain itu, buang air besar yang keras, kering, dan kecil yang menyakitkan atau sulit untuk dikeluarkan bisa menjadi tanda orang menderita sembelit.

Sembelit umumnya disebabkan sejumlah faktor termasuk yang berhubungan dengan pola makan, tingkat pergerakan, dan juga tingkat stres. Makanan yang menyebabkan sembelit adalah makanan yang rendah serat. Kurangnya air juga berperan dalam keteraturan pencernaan. Selain itu tingkat stres yang tinggi bisa juga menyebabkan sembelit kronis.

Untuk menangani sembelit, terdapat sejumlah makanan yang dapat dikonsumsi. Berikut ulasannya.

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau tidak hanya mengandung serat, tetapi juga merupakan sumber magnesium yang baik yang dapat membantu mengatasi sembelit. Karena sangat rendah kalori, memiliki kandungan air yang tinggi dan padat nutrisi, sayuran hijau cocok dikonsumsi setiap hari.

2. Chia Seed dan Flaxseed 

Biji  ini tinggi akan serat dan lemak sehat, dan membantu menyerap air. Minyak flaxseed dapat secara khusus membantu melumasi usus besar. Jika Anda ingin buang air besar sendiri untuk menghilangkan rasa sakit sembelit, konsumsilah sekitar 2–3 sendok makan biji. Rendam terlebih dahulu untuk melepaskan nutrisinya. Biji ini baik untuk dikonsumsi sebanyak satu sendok makan setiap harinya.

3. Plum dan buah ara

Buah-buahan ini kaya serat dan cenderung berfungsi sebagai pencahar alami. Walaupun baik untuk menjadi obat pencahar alami, namun konsumsi buah ini disarankan untuk tidak berlebihan. Buah ini memiliki kandungan gula yang besar walau ukurannya yang kecil.

4. Minuman hangat

Cairan hangat atau bersuhu ruangan, sangat baik untuk merangsang pencernaan terutama jika dikonsumsi pertama kali di pagi hari. Artinya setelah bangun tidur, belum ada yang masuk ke perut kecuali minuman hangat ini. Saat Anda membutuhkan obat rumahan sederhana untuk sembelit, cobalah minum teh herbal, air hangat yang dicampur dengan lemon, kopi secukupnya atau kaldu tulang.

5. Jus lidah buaya

Minuman ini membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan frekuensi buang air besar. Hal tersebut menjadikan minuman ini menjadi salah satu obat pencahar alami terbaik untuk sembelit . Ambil 1/4 cangkir dan minum sebanyak dua kali sehari untuk meredakan sembelit.

Ketika pengobatan, jauhi makanan dan minuman yang dapat memperparah sembelit. Makanan dan minuman tersebut adalah alkohol, gorengan, kafein, olahan tepung, kafein, dan susu yang telah di-pasteurisasi.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS