5 Jenis Investasi Untuk Mengalahkan Inflasi

Yunike Purnama - Rabu, 14 September 2022 14:23
5 Jenis Investasi Untuk Mengalahkan InflasiIlustrasi investasi saham. (sumber: Pexels)

BANDAR LAMPUNG - Inflasi merupakan sebuah kondisi yang ditakuti banyak orang. Khususnya bagi para investor. Saat inflasi, semua harga akan terus meningkat dengan jangka waktu yang tidak bisa ditentukan. Untuk menghindari kondisi tersebut, terdapat beberapa jenis investasi untuk mengalahkan inflasi yang perlu kamu ketahui.

Stabil dalam segala kondisi perekonomian, sederet jenis investasi ini bisa dilirik agar sekiranya dapat mengalahkan inflasi.

Apa itu Inflasi?

Inflasi adalah sebuah proses meningkatnya harga secara umum yang terjadi secara terus-menerus. Selain itu, Inflasi juga bisa disebut sebuah proses menurunnya nilai mata yang secara berkelanjutan.

Biasanya ada beberapa faktor yang melatarbelakangi terjadinya inflasi seperti meningkatnya biaya produksi, meningkatnya permintaan untuk barang atau jasa tertentu, dan tingginya peredaran uang yang ada di masyarakat.

Jenis Investasi untuk Mengalahkan Inflasi
Investasi dinilai sebagai salah satu cara efektif untuk mengalahkan inflasi. 

Namun, kamu harus memilih jenis investasi seperti apa yang nantinya mampu menekan bahkan mengalahkan laju inflasi. Bagi kamu yang penasaran, berikut beberapa jenis investasi yang cocok untuk mengalahkan inflasi.

1. Deposito

Jenis investasi untuk mengalahkan inflasi yang pertama adalah deposito. Deposito merupakan jenis investasi berupa produk penyimpanan uang yang disediakan oleh bank dengan sistem penyetoran yang dilakukan di awal serra memiliki ketentuan penarikan.

Dengan deposito, nantinya kamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang diberikan oleh bank. Salah satu kelebihan dari deposito adalah suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan, maka dari itu dapat dijaminkan untuk utang di bank yang sama.

Deposito adalah jenis investasi jangka panjang, sehingga sangat cocok untuk beberapa tujuan tertentu. Misalnya untuk biaya pendidikan dan tabungan untuk membeli rumah.

2. Saham

Saham juga sangat cocok dijadikan sebagai investasi untuk mengalahkan inflasi. Saham adalah instrumen pasar uang berupa sebuah bukti kepemilikan sebuah perusahaan atau badan usaha. Selain itu, saham juga diartikan sebagai surat berharga yang digunakan pada perdagangan pasar modal yang sifatnya kepemilikan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua saham mampu untuk mengalahkan inflasi. Bila ingin memilih saham untuk investasi dan mengalahkan inflasi, pilihlah saham blue chip yang biasanya tidak akan memiliki pengaruh apabila kondisi ekonomi sedang mengalami krisis.

3. Reksa Dana

Jenis investasi untuk mengalahkan investasi selanjutnya adalah reksa dana. Apabila kamu tidak memiliki banyak modal dan sangat menghitung risiko investasi, kamu sangat cocok untuk memilih reksa dana.

Sebab, reksa dana adalah sebuah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat atau pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh sebuah manajer investasi.

Jenis investasi ini membuat kamu hanya tinggal memilih tingkat risiko dan jangka waktu yang kamu inginkan untuk melakukan investasi.

4. Emas

Saat ini, emas masih menjadi salah satu jenis investasi yang banyak diminati masyarakat karena kemudahan untuk menemukannya. Selain kemudahan, emas juga biasanya dapat digunakan sebagai perhiasan.

Emas sangat cocok dijadikan sebagai investasi yang mampu melawan inflasi, sebab setiap waktu harga emas biasanya akan terus naik. Investasi dengan jenis emas ini sangat disarankan bagi kamu yang ingin melakukan investasi dengan jangka waktu yang panjang.

Beberapa alasan banyak orang melakukan investasi emas karena mudah dicairkan dalam bentuk uang, bebas bunga, nilainya cenderung stabil bahkan meningkat, dan memiliki sifat seperti dana darurat.

5. Mata Uang Asing

Jenis investasi untuk mengalahkan inflasi yang terakhir adalah mata uang asing. Bila kamu ingin mempertahankan nilai mata uang, tak ada salahnya bila kamu mencoba jenis investasi yang satu ini. Kamu dapat memilih berbagai mata uang asing, seperti Euro, Poundsterling atau Dolar Amerika Serikat.

Beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan apabila melakukan investasi jenis ini adalah memiliki likuiditas yang tinggi. Maksudnya dengan investasi mata uang asing kamu akan memiliki kemudahan untuk membeli dan menjual mata uang asing.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah sangat sulit untuk terdampak devaluasi. Contohnya seperti dolar Amerika Serikat, karena Amerika Serikat memiliki perekonomian yang stabil. Karenanya, kecil kemungkinan pemerintah Amerika Serikat menurunkan nilai mata uangnya di mata internasional.

Demikian informasi mengenai sederet investasi untuk mengalahkan inflasi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari jenis investasi yang sesuai dengan keinginan kamu. (*)

Editor: Yunike Purnama
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS