5 Hal Harus Dilakukan Usai Scan QR Code Palsu

Yunike Purnama - Kamis, 19 Oktober 2023 09:27
 5 Hal Harus Dilakukan Usai Scan QR Code PalsuIlustrasi Kode QR (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Penggunaan scan QR code saat ini memang sudah lumrah digunakan apalagi dalam operasi bisnis. Hal ini karena metode scan QR code memudahkan kita untuk menuju ke situs tertentu tanpa harus mengetik url website serta mempercepat proses transaksi.

Namun, dengan semakin populernya penggunaan QR code, penipu tampaknya mulai menggunakannya untuk menipu korban, yang menyebabkan peningkatan penipuan QR code. Hal ini karena korban pada umumnya tidak langsung bisa mengetahui situs apa yang dituju setelah memindah QR code, dan sebagian besar QR code memiliki tampilan yang sama.

Apakah QR Code Aman untuk Dipindai?

QR code umumnya dianggap aman untuk dipindai, tapi mudah dimanipulasi yang menjadikannya jadi tidak aman. Akan tetapi, aman atau tidaknya QR code bergantung sepenuhnya pada tempat dan alasan Anda harus memindainya.

Jika Anda memindai QR code saat berbelanja di mall, membeli minuman, atau membayar kopi, kemungkinan besar hal itu aman. Namun, jika Anda memindai QR code untuk pembayaran di situs web yang mencurigakan, mengunduh aplikasi yang mencurigakan, atau menukarkan kupon dari situs web pihak ketiga, bisa jadi kode tersebut telah dimanipulasi.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Telah Memindai QR Code Palsu?

Jika Anda menduga Anda telah scan QR code yang palsu, segeralah untuk melakukan beberapa cara sebagai berikut.

1. Matikan Internet di Perangkat Anda

Putuskan sambungan perangkat Anda dari internet, langsung setelah menyadari Anda memindai QR code palsu. Hal ini karena seringkali penipu menggunakan QR code yang dimanipulasi untuk meretas perangkat korbannya.

2. Ubah Password atau Kata Sandi

Jika Anda curiga penipu mungkin sudah lama mengakses perangkat Anda, Anda harus segera mengubah semua password yang Anda simpan di browser, pengelola kata sandi, aplikasi, dan sebagainya.

Dengan cara ini, meski penipu telah melanggar atau mengekspor password penting Anda seperti password rekening bank atau profil media sosial, mereka tetap tidak akan dapat mengakses akun Anda.

3. Blokir Kartu Kredit

Blokir kartu kredit Anda jika Anda telah menyimpan detailnya di browser Anda. Jika pemindaian QR code menghasilkan transaksi yang mencurigakan, segera hubungi perusahaan kartu kredit atau bank Anda untuk melakukan pengembalian dana. Anda juga harus mengubah informasi keuangan apapun yang disimpan di browser.

4. Scan Perangkat dari Virus

Segera pindai perangkat Anda dengan program antivirus yang Anda. Jika perangkat terinfeksi setelah memindai QR code palsu, memeriksanya dengan program antivirus yang tepat kemungkinan besar akan menghapusnya.

Jika pemindaian QR code palsu membuat Anda mengunduh sesuatu dan tersimpan di komputer atau perangkat Anda, segeralah menghapusnya. Jika script sudah dijalankan di dalam suatu aplikasi, segera hapus instalan aplikasi tersebut dan instal ulang.

5. Periksa Browser untuk Mengetahui Perubahan Mencurigakan

Penipu dapat membajak browser korban agar mereka dapat memata-matai aktivitas korban. Oleh karena itu, Anda dapat mencari tanda-tanda pembajakan dengan memeriksa browser Anda. Jika browser Anda tampaknya telah disusupi, Anda harus bertindak cepat untuk menyingkirkan peretas dan membersihkan browser Anda secara menyeluruh.(*)

Editor: Redaksi
Tags Kode QRQRIS palsuBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS