5 Fitur Baru WhatsApp yang Hadir bagi Pengguna Android dan iPhone

Yunike Purnama - Rabu, 18 Agustus 2021 09:28
5 Fitur Baru WhatsApp yang Hadir bagi Pengguna Android dan iPhone (sumber: null)

Kabarsiger.com, BANDARLAMPUNG - Sejak Juli, WhatsApp telah merilis beberapa fitur baru yang beberapa di antaranya telah lama ditunggu-tunggu oleh pengguna Android dan iPhone.

WhatsApp adalah aplikasi obrolan paling populer di dunia, dengan perkiraan 2 miliar pengguna mengirim pesan ke seluruh dunia setiap bulannya.

Ada baiknya bagi pengguna setia WhatsApp untuk memperhatikan pembaruan dan perubahan yang dilakukan oleh pihak developer yang berpengaruh terhadap penyesuaian dan performa aplikasi.

Dikutip Kabarsiger dari berbagai sumber, berikut 5 fitur baru WhatsApp yang hadir bagi pengguna Android dan iPhone.

1. Panggilan yang dapat Digabungkan

Fitur ini diluncurkan pada akhir Juli, di mana dapat memberikan tambahan yang sangat berguna untuk panggilan video dan suara yang memungkinkan pengguna beralih ke obrolan setelah semuanya dimulai.

Pengguna yang melewatkan awal percakapan video grup akan dapat bergabung kapan saja selama masih menelepon, seperti di Zoom atau Google Meet atau bahkan pergi dan kembali kapan pun mereka mau.

Untuk membuatnya lebih lancar, WhatsApp menambahkan layar info panggilan baru untuk menunjukkan siapa yang sudah menelepon dan siapa yang diundang tetapi belum bergabung.

Siapa pun yang menekan tombol abaikan saat panggilan dimulai, cukup bergabung nanti dari tab panggilan WhatsApp.

2. Smart Switch

Beberapa pengguna mungkin pernah frustrasi saat mengupgrade ponsel karena sulitnya beralih antara Android dan iOS.

Perbedaan sistem operasi membuat pengguna kesulitan untuk beralih WhatsApp yang membuat riwayat obrolan, data, dan foto dapat hilang.

Namun, WhatsApp baru saja mengumumkan fitur baru untuk memperlancar peralihan tersebut. Sebelumnya, tidak ada cara untuk memindahkan riwayat obrolan, data, dan foto dari satu sistem ke sistem lain.

Pihak WhatsApp merilis fitur Smart Switch untuk memberi pengguna cara mudah untuk mencadangkan riwayat obrolan.

Fitur ini akan hadir di semua ponsel yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi dalam beberapa minggu ke depan, segera diikuti oleh semua perangkat Android dan iOS.

3. Dukungan Multi-device

Pengguna WhatsApp akhirnya dapat menggunakan aplikasi ini tanpa memerlukan ponsel. Hingga saat ini, menggunakan aplikasi di laptop atau PC harus secara aktif terhubung ke ponsel cerdas.

Sebelum mendapat pembaruan, fitur lama ini tidak berguna jika ponsel tengah hilang atau kehabisan daya.

Kini, pengguna dapat menggunakan WhatsApp hingga empat perangkat sekaligus beserta ponsel. Bahkan lebih baik lagi, tidak perlu memiliki sambungan telepon sama sekali.

Semua pesan dan data termasuk stiker, kontak baru, dan pesan berbintang akan dibagikan dengan mulus antarperangkat.

Pengguna dapat memulai dan menjawab panggilan dari perangkat apa pun. Perusahaan mengatakan penundaan peluncuran fitur ini untuk memastikan semuanya tetap aman dan terenkripsi saat berpindah perangkat.

4. Pesan Menghilang

Snapchat adalah aplikasi pertama memperkenalkan foto dan video yang hanya dapat dilihat sekali sebelum menghilang.

WhatsApp telah mengadopsi fitur tersebut dengan opsi "Lihat Sekali". Foto dan video yang dikirim menggunakan fitur ini akan langsung dihapus setelah dibuka dan dilihat oleh pengguna lain.

WhatsApp mengatakan fitur itu akan berguna untuk mengirim informasi sementara seperti kata sandi.

Selain itu, fitur ini juga berguna bagi pengguna yang tidak ingin setiap gambar yang mereka kirim tersimpan di memori penyimpanan pengguna lain.

Untuk mengirim salah satu pesan yang menghilang, muat gambar atau video seperti biasa, lalu ketuk tombol "1" di sudut kanan bawah untuk mengaktifkan mode Lihat Sekali.

5. Pembaruan Obrolan yang Diarsipkan

WhatsApp akhirnya meluncurkan perubahan penting pada pesan yang diarsipkan. Sebelumnya pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan obrolan grup atau individu dari layar chat utama.

Namun, setiap kali seseorang membalas percakapan yang diarsipkan, itu akan langsung muncul kembali.

Ini tidak ideal jika pengguna benar-benar berusaha menghindari kontak yang menjengkelkan. Dengan pembaruan baru, obrolan yang diarsipkan akan tetap tersimpan dengan aman di folder arsip.

Bahkan jika seseorang mengirim pesan baru, dan sangat mudah untuk membawanya kembali ke layar chat utama melalui menu Pengaturan.

Demikian 5 fitur baru WhatsApp yang hadir bagi pengguna Android dan iPhone.(*)

Editor: Yunike Purnama
Tags whatsappBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS