5 Cara Sukses Hadapi Tantangan Tanpa Belanja Selama 30 Hari Agar Hidup Makin Hemat

Yunike Purnama - Selasa, 23 Mei 2023 06:33
5 Cara Sukses Hadapi Tantangan Tanpa Belanja Selama 30 Hari Agar Hidup Makin HematAda banyak tantangan positif untuk mengelola keuangan, salah satunya yaitu tantangan tidak berbelanja apapun selama satu bulan (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Ada banyak tantangan positif untuk mengelola keuangan, salah satunya yaitu tantangan tidak berbelanja apapun selama satu bulan. Tantangan ini akan membantu Anda untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran bulanan.

Tantangan tanpa belanja selama 30 hari atau sebulan ini adalah suatu cara untuk membuat Anda menyadari berapa banyak uang yang Anda belanjakan dalam waktu tertentu.

Tantangan ini lebih berfokus pada tantangan untuk Anda agar tidak membelanjakan uang untuk sesuatu yang ekstra atau tidak diperlukan. Biasanya, dalam 30 hari ini, Anda akan mendapatkan perspektif yang baik tentang pengeluaran Anda.

1. Identifikasi Tujuan Anda
Memiliki tujuan akan membuat Anda lebih mudah menjalani tantangan. Tujuan akan memberi alasan dan alasan ini akan membuat Anda terus maju saat keadaan menjadi sulit.

Anda bisa membuat tujuan sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti uang muka rumah baru, mengendalikan kebiasaan belanja yang tidak terkendali atau membantu Anda bebas dari utang. Tujuan apapun adalah tujuan yang tepat selama hal itu adalah sesuatu yang Anda yakini.

2. Tetapkan Aturan Dasar
Setelah Anda menetapkan kapan ‘bulan tanpa pengeluaran’ tersebut, saat Anda memikirkan aturan yang akan disesuaikan dengan kondisi Anda. Anda bisa mencoba mengevaluasi dan mengklasifikasikan pengeluaran yang penting dan tidak penting. Selain itu, aturan ini berguna untuk membuat daftar barang-barang penting dan barang-barang yang tidak penting.

3. Buat Anggaran
Tetapkan berbagai anggaran dan bagi menjadi pengeluaran yang diperlukan, contohnya anggaran untuk membeli bahan makanan, bensin, dan sebagainya. Setelah semua pengeluaran penting sudah diperhitungkan, penting untuk melihat uang yang tersisa. Ada kemungkinan besar Anda memiliki sisa uang yang cukup banyak, tapi Anda bisa tetap melacak ke mana uang tersebut digunakan.

4. Rencanakan Makanan Anda
Salah satu keuntungan dari mengikuti tantangan tanpa belanja ini adalah Anda akan menghabiskan setiap persediaan yang sudah Anda miliki di rumah. Periksalah dapur dan kulkas, buang semua bahan yang sudah kedaluwarsa lalu rencanakan menu makan menggunakan bahan makanan yang masih tersisa.

Setelah itu, Anda bisa menentukan jenis makanan apa yang dapat Anda buat untuk setiap hari dalam seminggu. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu ketika hari Minggu, siapkan beberapa bahan makanan yang lebih menyita waktu sehingga di keesokan harinya, Anda tidak akan kerepotan untuk memasak.

5. Libatkan Keluarga dan Teman
Sebulan tanpa pengeluaran mungkin akan terasa menakutkan jika Anda melakukannya sendiri. Oleh karena itu, beri tahu keluarga dan teman tentang hal tersebut, agar niat Anda tidak goyah, atau mereka akan membuat Anda tetap dalam rencana awal.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS