4 Cara Hemat Baterai Smartpone saat Liburan

Yunike Purnama - Sabtu, 25 Desember 2021 09:10
4 Cara Hemat Baterai Smartpone saat LiburanBerikut cara menghemat baterai smartphone saat liburan. (sumber: Shutterstock)

BANDARLAMPUNG - Banyak orang yang memilih liburan menjelang Natal dan Tahun Baru. Terkadang mereka berlibur ke sejumlah lokasi wisata.

Saat liburan pasti kita butuh smartphone yang diandalkan untuk menunjukkan jalan lewat Google Map. Selain itu kita juga butuh smartphone untuk berfoto-foto. Makanya baterai harus dihemat agar awet.

Berikut cara menghemat baterai smartphone saat liburan. Apa saja?

1. Matikan Notifikasi

Matikan notifikasi dari aplikasi yang kurang penting. Kebanyakan notifikasi yang masuk juga menjadi salah satu faktor yang mempercepat baterai smartphone terkuras.

2. Cek Aplikasi

Smartphone biasanya mempunyai sejumlah aplikasi bawaan yang bisa menyedot baterai jika terus-menerus dipakai. Sebaiknya, cek dulu aplikasi yang berjalan di smartphone saat hendak mudik. Pastikan aplikasi yang dijalankan tidak menguras baterai sehingga smartphone bisa bertahan menyala dalam waktu lebih lama.

3. Turunkan Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar ternyata memengaruhi daya baterai smartphone. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka semakin banyak daya baterai yang terkuras. Jadi, atur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi agar tidak terlalu menguras baterai. Pastikan Anda tidak mengaktifkan kecerahan layar otomatis karena justru akan lebih cepat menguras daya baterai ponsel. Lihat juga: Begini Jadinya Jika Masih SMA Tapi Sudah Menikah Secara Diam-Diam, Sering Lupa Jika Sudah Memiliki Suami

4. Pakai Fitur Power Saving

Fitur penghemat baterai bisa diandalkan saat melakukan perjalanan mudik. Fitur ini bisa membatasi kemampuan smartphone. Sebab, hanya beberapa fitur penting saja yang akan berjalan. Jadi, baterai smartphone tidak akan terkuras untuk hal yang tidak penting.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS