4 Aplikasi Resmi yang Bisa Diunduh untuk Pantau Jalan Tol

Eva Pardiana - Selasa, 07 Juni 2022 04:52
4 Aplikasi Resmi yang Bisa Diunduh untuk Pantau Jalan Tol4 Aplikasi Resmi yang Bisa Diunduh untuk Pantau Jalan Tol (sumber: TrenAsia)

BANDAR LAMPUNG – Jalan tol menjadi infrastruktur penting untuk menghubungkan berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya tol jarak tempuh antar daerah kini semakin singkat. 

Jalan bebas hambatan di Indonesia sudah terhubung lebih dari 2.000 kilometer (km), termasuk tol Trans Sumatra di Lampung. 

Pengelola jalan tol telah membuat aplikasi agar para pengguna jalan tol dapat memantau situasi jalan bebas hambatan dengan waktu yang cepat tanpa terhambat ruang dan waktu. Aplikasi resmi dari pengelola jalan tol ini sudah bisa diunduh di ponsel masing-masing.

Dilansir dari TrenAsia.com, jaringan KabarSiger.com, berikut empat aplikasi resmi jalan tol untuk membantu memantau perjalanan pengendara di jalan tol seluruh indonesia.

1. Travoy

Aplikasi Travoy/ Foto: Tangkapan layar

Aplikasi satu ini dikeluarkan oleh pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR). Aplikasi Travoy sudah diluncurkan sejak 2019 dan saat ini sudah bertransformasi menjadi Travoy 3.0.

Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa menemukan banyak fitur yang diperlukan untuk menjawab kebutuhan pengguna jalan. Salah satunya layanan Panic Shake digunakan ketika membutuhkan bantuan darurat dari petugas operasional jalan tol.

Lewat aplikasi ini pengguna juga bisa memantau situasi terkini lalu lintas jalan tol melalui CCTV yang ada di seluruh jalan tol Jasa Marga Group.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menghitung kalkulasi tarif tol yang perlu dibayarkan oleh pengguna jalan untuk mengantisipasi jumlah saldo yang harus diisi dalam uang elektronik.

2. Tolkita

Aplikasi Tolkita diluncurkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2016. Ini menjadi aplikasi pertama yang memberikan informasi lengkap mengenai ruas jalan tol di Indonesia.

Pada aplikasi ini pengguna akan terbantu mendapatkan informasi real time mengenai jalan tol seperti keadaan lalu lintas jalan tol, kejadian di jalan tol, CCTV jalan tol, lokasi gerbang in/out alternatif, lokasi rest area, serta nomor kontak pelayanan jalan tol.

3. HK Toll Apps

HK Toll Apps/ Foto: Tangkapan layar

PT Hutama Karya (Persero) (PTHK) meluncurkan aplikasi mengenai informasi jalan tol khususnya jalan tol yang dikelola perseroan yakni HK Toll Apps.

Aplikasi ini bisa didapat di Play Store bagi pengguna android. Di dalamnya dapat ditemukan fitur-fitur mengenai rest area, fasilitas di dekat tol, live streaming CCTV di tol, peta mudik selama Natal dan Tahun baru, serta layanan call center.

Di aplikasi ini dilengkapi juga dengan fitur top up sehingga pengguna jalan tol tidak kekurangan uang elektronik karena bisa mengisi saldo melalui fitur tersebut.

4. WTR Go

WTRO Go/ Foto: Tangkapan layar

Aplikasi informasi jalan tol ini diluncurkan pada 2019 oleh PT Waskita Toll Road (WTR). Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah para pengguna jalan tol khususnya di ruas yang dikelola perseroan di bagian Jalan Tol Trans Jawa.

Pada dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengakses rest area terdekat, gerbang tol selanjutnya, tarif tol, call center, hingga CCTV.

Kemudian, terdapat beberapa informasi yang dibutuhkan seperti gerai isi ulang kartu tol, SPBU, dan kondisi arus lalu lintas. (TA)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Liza Zahara pada 06 Jun 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS